Golkar Usul Ganti Cakada Bermasalah 30 Hari Sebelum Pemilihan

11 views

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto, angkat bicara soal calon kepala daerah (cakada) bermasalah menjelang pemilihan serentak pada 27 Juni mendatang. Menurutnya, cakada bermasalah atau yang berstatus tersangka sebaiknya diganti 30 hari sebelum hari H.

Aturan ini, lanjut Airlangga, sebaiknya diperkuat dengan Perppu. “Partai Golkar mengusulkan kepada pemerintah untuk membuat Perppu. Dan, Partai Golkar sedang mempersiapkan draft, dan kami sudah sampaikan itu ke Pak Presiden (Joko Widodo),” terang Airlangga menjawab pertanyaan wartawan di Kantor DPP Partai Golkar, Jalan Nelly, Slipi, Jakarta Barat pada Selasa (27/3/2018).

Meskipun saat ini pemerintah, melalui Mendagri, menolak membuat Perppu, Golkar tetap mendorong agar pihak terkait membuat aturan ketat soal cakada pesakitan di komisi anti-rasuah (KPK), yaitu dengan mengajukan nama baru sebagai pengganti.

“Pada dasarnya Partai Golkar melihat bahwa ada kejadian luar biasa, yaitu pada saat dikenalkannya (cakada tersebut) sebaga TSK (tersangka).”

“Tentu bagi parpol siapapun itu bukan posisi yang mengutungkan. Dengan demikian, tentu Partai Golkar mendukung agar apabila sudah ditetapkan sebagai TSK, dan ini merupakan hal yang diperlukan untuk mengubah regulasi itu.”

“Dan, Partai Golkar mengusulkan bahwa 30 hari sebelum pilkada ini bisa diajukan pengganti,” Airlangga menambahkan. (aiy/fajar)