Hadapi Pemilu 2019, Kemendagri Himbau Masyarakat Jaga Stabilitas Kemanan

13 views

FAJAR.CO.ID, JAKARTA– Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mengajak semua lapisan masyarakat untuk mendukung terselenggaranya Pemilu 2019 agar berjalan dengan baik. Perbedaan pilihan dalam perhelatan pemilu jangan dijadikan sebagai pemecah persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.

Kemendagri berharap, masyarakat untuk tetap menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban, dalam menghadapi perhelatan Pemilu 2019.

Sejumlah himbauan pun dikeluarkan Kemendagri untuk mengantisipasi potensi kerawanan dan konflik paska pendaftaran bakal calon Presiden, Joko Widodo-Ma’ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, di KPU, Jumat (10/8/2018).

Direktur Politik, Direktorat Jendral Politik dan Pemerintahan Umum (Polpum) Kemendagri La Ode Ahmad menuturkan dalam menyukseskan pemilu 2019, masyarakat dapat berpartisipasi dengan menggunakan hak pilihnya secara cerdas dan bijaksana untuk perbaikan bangsa dan negara lima tahun kedepan.

“Akan tetapi, untuk menciptakan pemilu yang baik tidak hanya sebatas menyalurkan hak pilih semata. Menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban serta kondusifitas sosial politik masyarakat juga menjadi penting untuk terciptanya suasana pemilu yang baik,” tuturnya saat dihubungi via selulernya, Sabtu (11/8), di Jakarta.

Namun, acap kali perbedaan politik menjadi alasan kemanan dan ketertiban dalam ajang pesta demokrasi terganggu. Untuk itu, mantan Direktur Organisasi Masyarakat (Ormas) Kemendagri, meminta kepada masyarakat untuk tidak melakukan provokasi, fitnah, menyebarkan hoax, intimidasi dan anarkisme yang ditujukan kepada salah satu kubu pendukung pasangan bakal calon Presiden.

“Masyarakat harus merawat kebhinekaan sekaligus menjaga persatuan dan kesatuan dengan saling menghargai perbedaan pilihan/dukungan politik masing-masing individu atau kelompok, tanpa mengaitkan dengan identitas, Suku Agama Ras dan Antar Golongan (SARA),” ujarnya.

Pria yang karib disapa La Ode ini mengharapkan pesta demokrasi akbar bagi Indonesia dapat mencermintakan pesata rakyat sesungguhnya, dimana kedamaian dan kebahagian menjadi pemandangan dalam prosesnya.

“Mari songsong pesta demokrasi dengan penuh kedamaian, kita rawat kebhinekaan, menuju negara maju dan demokrasi yang terkonsolidasi. Suara kita untuk Indonesia yang lebih baik lagi,” pungkasnya. (yog)