Hari Ini JK Buka Rakernas IA ITB di Makassar

9 views

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Wakil Presiden HM Jusuf Kalla akan membuka Rapat Kerja nasional (Rakernas) Ikatan Alumni Institut Teknologi Bandung (IA ITB) di Hotel Aryaduta Makassar, Sabtu hari ini (4/8).

Ketua Umum IA ITB Ridwan Djamaluddin mengatakan, rakernas ini akan membahas beberapa program strategis. Seperti pembentukan tim persiapan percepatan pembangunan Indonesia Timur, program Indonesianisme Summit 3 2018, program teknopreneur challengeTantangan Bisa, dan program sinergi antaralumni : Sinergi Muda, Sinergi Run.

”Suatu kehormatan bagi kami di IA ITB, karena rakernas kita kali ini akan dibuka Wakil Presiden Jusuf Kalla. Ini tentu tidak terlepas dari keseriusan Pengda IA ITB Sulsel dalam mempersiapkan kegiatan rakernas ini,” kata Ridwan Djamaluddin didampingi Wakil Ketua Umum IA ITB Dwi Loro, Ketua Pengda IA ITB Sulsel Hariyadi Kaimuddin, dan Sekretaris Panitia Audist Subekti di Hotel Aryaduta Makassar, Jumat (3/8).

Ditunjuknya Makassar sebagai tuan rumah rakernas kali ini, karena melihat posisinya sebagai pintu gerbang Kawasan Timur Indonesia (KTI). ”Kawasan Indonesia Timur memiliki potensi sangat besar. Sangat disayangkan apabila potensi besar ini tidak dikelola dan dimanfaatkan secara optimal. IA ITB sebagai wadah alumni dari salah satu perguruan tinggi teknik tertua di Indonesia, ingin melakukan kontribusi dalam hal penguatan kedaulatan dan kemakmuran di wilayah Indonesia Timur, melalui re-industrialisasi dan menumbuhkan teknopreneur-teknopreneur,” kata Ridwan.

Karenanya, tambah Ridwan, pada rakernas kali ini diambi tema ‘Dari Timur, Indonesia Bangkit Menjadi Bangsa Pemenang’. ”IA ITB dengan segala komponennya, mulai dari pengurus daerah, komisariat dan ikatan alumni program studi, serta pengurus pusat, merasa perlu melaksanakan Rakernas IA ITB 2018 di Makassar guna melihat langsung kondisi di Indonesia Timur,” ujar Ridwan.

Ketua Pengda IA ITB Sulsel yang juga CEO Kalla Toyota Hariyadi Kaimuddin mengemukakan, ditunjuknya Makassar sebagai tuan rumah rakernas, tentu menjadi suatu kebanggaan tersendiri bagi para alumni ITB yang ada di Makassar khususnya, dan KTI pada umumnya.

”Karena sangat jarang penyelenggaraan Rakernas IA ITB dilakukan di luar Pulau Jawa. Selama ini rakernas selalu dilakukan di wilayah Pulau Jawa. Karena jumlah alumni ITB di KTI ini masih sedikit. Tapi dengan ditunjuknya Makassar sebagai tuan rumah kali ini, tentu sangat selaras dengan yang diangkat, yakni Dari Timur, Indonesia Bangkit Menjadi Bangsa Pemenang,” kata Hariyadi. (mir/BKM)