Hinca: Kombes yang Menganggur Sebaiknya Terjun Berantas Narkoba

15 views

FAJAR.CO.ID — Membengkaknya perwira menengah (pamen) polisi berpangkat Komisaris Besar (kombes Pol) yang tidak memiliki jabatan alias jobless menjadi perhatian serius Komisi III DPR RI bersama Polri.

Anggota Komisi III DPR, Hinca Pandjaitan, menyarankan agar ratusan kombes yang menganggur itu ditugaskan mengawal pemberantasan narkoba di sejumlah daerah.

Pasalnya, kata Anak buah SBY itu, usia ratusan kombes yang jobless itu rata-rata masih muda. Hal itu tentu akan menjadi tambahan tenaga untuk menyelesaikan permasalahan narkoba yang semakin merajalela.

“Saya membayangkan kalau ratusan kombes itu diturunkan ke sejumlah wilayah yang tepat, untuk membantu memberantas peredaran narkoba,” ungkap Hinca kepada JawaPos.com di komplek DPR RI, Senayan, Jakarta Selatan, Rabu (28/3/2018).

Di sisi lain Hinca menilai jika sistem kaderisasi di internal kepolisian sudah baik, sehingga sudah layak untuk terjun dalam upaya pemberantasan narkoba.

“Saya pikir tidak ada yang salah jika kombes-kombes nganggur ini diterjunkan ke tugas tersebut,” paparnya.

Lebih lanjut, Sekretaris Jenderal (Sekjen) partai Demokrat itu juga menyoroti soal pendistribusian anggota sebagai langkah pencegahan menumpuknya pamen seperti sekarang.

“Kalau menurut saya karena sudah banyak yang masuk ke jajaran jelang bingtang-bintang (pangkat Jenderal) itu sudah bagus, namun yang menjadi PR (pekerjaan rumah) itu yang perlu dituntaskan adalah bagaimana mendistribusikan itu secara merata,” tegas Hinca.

Sebagaimana diketahui, saat ini di tubuh Kepolisian, terdapat 414 pamen berpangkat Kombes Pol dinyatakan tidak memiliki jabatan. Hal tersebut juga tengah menjadi konsentrasi polri untuk segera diselesaikan dalam waktu dekat. (sat/JPC)