Hindari Defisit, Legislator Enrekang Usul OPD Dilebur

6 views

FAJAR.CO.ID, ENREKANG — Untuk mengurangi resiko defisit anggaran, anggota DPRD Enrekang mengusulkan untuk melebur beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Ketua DPRD Enrekang Disman Duma, saat ditemui mengungkapkan peleburan OPD ini perlu dilakukan Pemkab Enrekang. Alasannya demi mengurangi beban belanja daerah sehingga tidak terjadi defisit anggaran.

“Untuk menguragi beban belanja daerah dibeberapa OPD kita usul ada peleburan. Disatukan karena OPD kita terlalu banyak,”ujar Disman bersama Amin Falmansyah di ruang kerja Humas DPRD Enrekang kemarin.

Sejumlah OPD yang diusulak dilebur yakni Pertanian dan Ketahanan Pangan disatukan dengan Peternakan karena ketiga instansi ini hampir memiliki Tupoksi yang sama.

“Pelebuaran beberapa OPD ini ada esolon II yang korban tapi beban belanja daerah kita berkurang sehingga kita tidak defisit nantinya,”jelasnya.

Sebelumnya, anggota Banggar DPRD Enrekang, Mustain Sumaile menyebut APBD Pemkab Enrekang tahun 2018 mengalami defisit RP 32 miliar. Hal ini ditandai usai melaksanakan rapat membahas rasionalisasi anggaran belanja APBD tahun 2018
baru-baru ini.

Menurut Legislator Gerindra ini, defisit disebakan karena kebijakan-kebijakan strategi yang lakukan oleh pemerintah dalam pemenuhan kebutuhan masyarakat termasuk biaya Pilkada yang baru-baru digelar sebesar Rp42 miliar.

“Tahun ini 2018 Enrekang defisit Rp32
miliar,”tukasnya. (her/bkm/fajar)