Ini 10 Destinasi di Danau Toba Yang Oke Banget Buat Libur Lebaran

61 views

Balige – Siapa yang berani meragukan keindahan Danau Toba? Danau yang ada di Sumatera Utara ini, menjadi salah satu objek wisata andalan Indonesia. Danau Toba juga lokasi tepat untuk mengisi

#PesonaMudik2018. Danau Terbesar di Indonesia ini memiliki banyak #PesonaDestinasiLebaran2018.

Menurut Menteri Pariwisata, Arief Yahya, Danau Toba Itu Keren, beken dan paten. Toba harus menjadi pilihan dalam #PesonaDestinasiLebaran2018. Sebab, atraksi yang dimilikinya sangat kuat. Danau Toba memiliki alam yang indah, historis kaldera yang kuat, bekas ledakan dahsyat ribuan tahun silam. “Alam atau naturenya sendiri sudah memikat,” kata Arief Yahya, Kamis (7/6).

Bukan hanya itu, culture atau budayanya juga sangat kaya dan berkarakter. Seperti halnya Bali yang kaya akan budaya, Toba dengan budaya Bataknya juga sangat kuat mengakar.

“Itu adalah kekuatan lain di Toba. Jadi kami justru akan mendorong budaya itu semakin kuat untuk menjadi daya tarik wisatawan. Budaya itu semakin dilestarikan, semakin mensejahterakan,” jelas Arief Yahya.

Danau Toba memiliki sejumlah destinasi wisata yang tak kalah keren dengan daerah lain. Berikut #10TopDestinasiLebaran di Danau Toba yang bisa menjadi pilihan.

1. Desa Wisata Tomok

Desa Tomok adalah sebuah desa tradisional yang dikenal sebagai pintu gerbang dan pengenalan Samosir. Desa ini adalah sarkofagus batu besar Kuburan Raja Sidabutar.

Kuburan ini diukir dari satu blok batu. Bagian depannya diukir dengan wajah singa sebagai makhluk mitos. Ada juga bagian kerbau, dan bagian gajah. Pada tutup berbentuk pelana, ada patung kecil seorang wanita membawa mangkuk. Patung ini diyakini mewakili istri ketua sang raja yang mati.

Desa ini menjadi telah menjadi desa wisata di Samosir sejak lama. Di Tomok, selain wisata sejarah mengenal budaya Batak Toba, anda juga bisa wisata belanja.

Ada 3 objek wisata yang menarik di Desa Tomok ini. Yaitu Patung Sigale – Gale, Pemakaman Raja-Raja Kuno Batak, dan Museum Batak.
Sebelum kembali ke pelabuhan, anda bisa berbelanja berbagai souvenir Batak yang berderet di Tomok.

2. Bukit Holbung (Bukit Teletubbies)

Pesona Danau Toba bisa dilihat dari berbagai sisi di 7 kabupaten, Sumatera Utara. Salah satunya Bukit Holbung yang berada di Desa Janji Marhatan, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara.

Bukit ini juga dikenal dengan nama Bukit Teletubbies. Sebutan ini juga berlaku untuk Gunung Bromo Malang; Nusa Penida, Bali; Lombok, Nusa Tenggara Barat; dan Labuan Bajo, Pulau Komodo.

Banyak wisatawan datang ke sini untuk trekking. Biasanya, pengunjung bisa mencapai puncak dalam 10 – 15 menit. Jangan khawatir, karena ada jalan setapak. Anda juga bisa melihat banyak gulma bukit di sepanjang jalan. Begitu anda mencapai puncak, Anda akan dibuat takjub menikmati keindahannya. Tempat ini bisa menjadi pilihan liburan indah berikutnya.

3. Air Terjun Situmurun Binangalom

Air Terjun Situmurun ini juga sering disebut sebagai Air Terjun Binangalom. Karena, airnya berasal dari Desa Binangalom, Kecamatan Lumban Julu, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara.

Kata Binangalom berasal dari nama sebuah sungai, yaitu Lum. Lum atau Lom dalam bahasa Batak Toba dapat diartikan sebagai air penyejuk hati. Dari sekian banyak air terjun yang ada di Indonesia, air terjun ini tergolong unik. Karena, airnya mengalir langsung jatuh ke Danau Toba. Anda pun dapat menikmati sensasi berenang melawan arus di air terjun ini.

Untuk menuju tempat ini, ada dua jalur alternatif jika Anda dari Medan. Yaitu rute dari Parapat melalui Pelabuhan Ajibata atau rute dari Balige melalui Pelabuhan Balige. Keduanya sama-sama ditempuh dengan menyewa kapal motor menuju lokasi air terjun. Namun jarak terdekat adalah dari Balige, sebab letak air terjun ini mengarah ke Balige.

Anda akan disuguhi pemandangan Pulau Samosir di sepanjang perjalanan menuju Air Terjun Situmurun ini. Jangan lupa siapkan obat anti mabuk laut.

4. Taman Wisata Iman (TWI) Sitinjo

Taman Wisata Iman Sitinjo, atau biasa disebut TWI Sitinjo, merupakan salah satu dari tujuh tempat wisata paling unik dan langka di dunia. Taman Wisata Iman Sitinjo merupakan salah satu destinasi wisata unggulan di Kabupaten Dairi, Sumatera Utara. Terletak di sebuah perbukitan di Kecamatan Sitinjo, Sidikalang.

Taman Wisata Iman Sitinjo merupakan sebuah kawasan wisata yang menggabungkan konsep wisata religi dan wisata alam. Selain menyuguhkan sejumlah tempat suci peribadatan yang diakui di Indonesia, kita pun bisa merasakan indahnya panorama alam yang dimiliki Kabupaten Dairi.

Terdapat 5 tempat suci peribadatan di kawasan ini. Yaitu Vihara bagi pemeluk agama Buddha, Pura bagi pemeluk agama Hindu, Gereja bagi pemeluk agama Khatolik dan Protestan, serta Masjid bagi pemeluk agama Islam.

5. Bukit Indah Simarjarunjung

Terletak di Jalan Simarjarunjung, Desa Butu Bayu Pane Raja, Dolok Pardamean Simalungun. Merupakan jalan lintas dari Parapat menuju Merek, Karo. Setelah dibuka tahun 2016 lalu, wisata Bukit Indah Simarjarunjung sudah ramai dikunjungi warga.

Sesuai dengan namanya, bukit ini menawarkan keindahan yang nyata. Dari ketinggian, Anda dapat melihat jelas pesona keindahan Danau Toba.

Bukit Indah Simarjarunjung dikelola seperti wisata Kalibiru, Yogyakarta, yang dibuat sedemikian rupa dengan bentuk rumah pohon.
Salah satunya rumah pohon cinta yang banyak diminati anak-anak muda. Tidak hanya pemandangan Danu Toba, tetapi masih banyak pemandangan alam lainnya yang indah. Seperti hamparan perbukitan yang hijau berpadu dengan birunya langit, kawasan persawahan, dan juga perkebunan teh dan kopi.

6. Pantai Paropo

Paropo adalah salah satu desa yang memiliki keindahan alam. Paropo berada di Kecamatan Silahi Sabungan, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara.

Selain untuk tempat berkemah, Paropo merupakan lokasi yang tepat bagi Anda yang memiliki hobi memancing. Tentunya anda harus mempersiapkan alat pancing sendiri. Karena, di paropo tidak ada penyewaan alat pancing.

Bagi yang tidak suka berkemah, Paropo kini memiliki sejumlah penginapan. Harga kamarnya bervariasi. Mulai dari harga Rp200.000/malam hingga Rp500.000/malam, sesuai fasilitas dan lokasi penginapan, apakah berada di tepi danau atau dekat perbukitan.

7. Taman Labirin, Taman Simalem Resort

Taman labirin merupakan salah satu atraksi andalan Taman Simalem Resort. Destinasi ini memiliki keunikan tersendiri. Anda ditantang untuk mencari jalan keluar dari labirin raksasa sejauh setengah kilometer! Cukup lumayan untuk berolah raga.

Kunjungilah taman labirin ini di pagi hari. Sekaligus menikmati udara pagi yang benar-benar menyegarkan. Serta untuk menghindari teriknya matahari di siang hari.

Nah, Setelah puas bermain di dalam labirin raksasa, tidak ada salahnya mengunjungi Pearl of Lake Toba. Dari sinilah Anda dapat melihat pemandangan Danau Toba dari ketinggian 500 meter. Ibarat menikmati pemandangan Danau Toba dari Menara Petronas di Kuala Lumpur! Tempat ideal untuk melengkapi koleksi foto Instagram Anda.

8. Huta Ginjang

Huta Ginjang terletak di Kecamatan Muara, Tapanuli Utara. Tempat ini dapat ditempuh sekitar 15 menit dari Bandara Silangit. Huta Ginjang terletak di dataran tinggi. Dari sini kamu bisa melihat pemandangan Danau Toba yang sangat indah.

Huta Ginjang menjadi tempat berkumpul, terutama saat liburan. Dekat ke danau, ada beberapa bukit. Ini cukup sempurna untuk bersantai. Berkat suasana yang menyegarkan, sebagian besar wisatawan datang ke bukit baik di pagi maupun siang hari.

Mereka menunggu matahari terbit atau terbenam yang indah. Ada juga banyak pohon pinus di dekatnya. Dengan atraksi alam ini, setiap orang bisa menemukan pengalaman yang menyenangkan disini. Benar-benar tempat yang tepat untuk bersantai!

Huta Ginjang dan Sijaba saling berdekatan. Pengunjung tidak boleh melewatkan lokasi ini. Ada banyak alasan untuk pergi ke Huta Ginjang. Selain menyaksikan paralayang dan Danau Toba, Anda bisa menyaksikan pohon pinus yang indah.

9. Taman Sipinsur

Sipinsur terletak di Desa Paerung, Kecamatan Paranginan, Humbang Hasundutan. Sipinsur berada tidak jauh dari Bandara Silangit, bisa ditempuh sekitar 30 menit. Dari Medan, perjalanan memakan waktu sekitar 6-7 jam dan jaraknya 227 km.

Ketika datang ke rute terbaik, wisatawan dapat membawa Jalan Sidikalang-Medang dan Jalan Lintas Sumatera Sumatra. Sebagai alternatif, mereka bisa naik pesawat terbang dan menuju ke Bandara Silangit.

Sipinsur menjadi situs yang tepat untuk relaksasi. Segala kepenatan atau stress yang dialami pengunjung akan hilang begitu mereka mengunjungi tempat ini. Karena pengunjung bisa melihat pohon pinus yang rimbun dan merasakan angin yang meremajakan.

Langit biru dan awannya indah! Apalagi pemandangan Danau Toba tampak memukau dan mempesona. Bagi mereka yang menyukai kegiatan yang menantang, mereka bisa melakukan trekking di perbukitan di dekatnya

10. Air Terjun Lae Mbilulu

Terletak di Desa Prongil Julu, Kecamatan Tinada, Kabupaten Pakpak Bharat, Propinsi Sumatera Utara. Air Terjun Lae Mbilulu merupakan salah satu tempat wisata yang bagus dan menarik untuk membuang rasa penat Anda karena bekerja selama seminggu penuh.

Air Terjun Lae Mbilulu memiliki ketinggian sekitar 40 m dengan kedalaman kolamnya kurang lebih 5 m, dan luas 60 m2. Air terjun ini memiliki 2 air terjun yang berdampingan dari satu sumber sungai. Berjarak sekitar 5 km dari Tinada atau lebih kurang 20 km dari Sidikalang.

Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 40 meter, air terjunnya mengalir menjadi dua, menambah keindahan tersendiri. Kanan kirinya diliputi pemandangan dedaunan hijau yang menawan. Airnya relatif jernih, kamu bisa menikmatinya dari bawah sambil mendengar aliran air yang menenangkan.

Konon, tempat ini dulunya adalah salah satu tempat penyembahan. Banyak orang yang sering datang dan memberi sesembahan yang diperuntukkan bagi penghuni di lokasi Air Terjun Lae Mbilulu.

Namun, di luar cerita dan kepercayaan warga sekitar, Air Terjun Lae Mbilulu patut dikunjungi. Buat yang mencari kesunyian dan hawa yang sejuk di daerah Sumatera Utara. Air Terjun Mbilulu salah satu dari pesona yang dimiliki Indonesia yang masih belum banyak dijamah. Jangan lupa tetap menjaga kebersihan ya.