Ini Alasan Roger Danuarta Jadi Mualaf

4 views

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Kabar Roger Danuarta menjadi mualaf membuat banyak orang bergembira. Bahkan, menurut Ustad yang membimbing Roger mengucap syahadat, Roger diundang oleh kerajaan Arab Saudi untuk umrah.

“Saya bilang sama temen-temen yang dekat, dia harus dibimbing untuk belajar dan dia mau. Bahkan, dia udah dapat undangan mau pergi ke Saudi diundang sama kerjaan Arab,” kata Ustad Mokoginta saat dihubungi JawaPos.com (Grup Fajar), Rabu (7/11).

Menurutnya, hal itu telah lumrah dilakukan pihak Saudi jika ada seorang non muslim mengislamkan diri. Jika yang mengislamkan diri adalah seorang publik figur atau pendeta.

“Biasa kalau publik figur. Kadang ada pendeta kalau masuk muslim juga dikasih hadiah,” lanjut Ustad Mokoginta.

Sementara, dalam proses interview antara Ustad Mokoginta dan Roger Danuarta, ustad menemukan fakta-fakta yang menunjukkan Roger serius mendalami agama Islam. Salah satunya, paham bentuk-bentuk ibadah yang dilakoni umat muslim.

“Menurut dia udah lama (tahu soal Islam). Dia bergaul dengan teman-teman yang Islam dan akhirnya dia tertarik. Lama sekali saya interview, tapi kalau sudah niat gimana ya,” jelas Ustad yang kini berada di Kalimantan untuk urusan dakwah itu.

Faktor-faktor yang membuat Roger tahu soal Islam adalah lingkungannya. Waktu yang lebih banyak dia habiskan di lokasi syuting dan rutinitas teman-teman pergaulannya yang shalat, mengaji, dan puasa.

“Grup pertemanan dia banyak yang muslim. Teman-temannya di sinetron itu juga. Melihat mereka shalat, puasa, dan selalu bareng-bareng mereka, itu yang membuatnya tertarik,” jelas Ustad Moko.

Sementara itu, dari pihak keluarga Roger Danuarta juga mendukung keputusan Roger berhijrah. Meski tak ada keluarga yang mendampingi saat pengucapan kalimat Syahadat, Roger mengaku telah mengantongi izin dari keluarga.

“Ibunya juga tahu dia masuk Islam. Temen-temennya aja sih yang datang kemarin, tapi ibu dan keluarganya tahu dan nggak ada pertentangan,” tutup Ustad Moko sebagaimana jawaban Roger saat interview. (yln/JPC)