Inilah Sosok Tepat Dampingi Jokowi di Pilpres 2019 Versi PPP

8 views

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) hingga kini belum memutuskan sosok calon Wakil Presiden (Cawapres) 2019 untuk dampingi Joko Widodo alias Jokowi di Pilpres 2019 mendatang.

Meski ada beberapa nama yang intens dikaitkan dengan Jokowi, seperti Muhaimin Iskandar, Puan Maharani, Airlangga Hartarto, Muhammad Romahurmuziy hingga Budi Gunawan. Meski begitu, PDIP selaku partai pengusung Jokowi belum mengambil keputusan atas nama-nama bakal Cawapres tersebut.

Bahkan, beberapa nama di atas sudah melakukan pertemuan dengan Jokowi. Terbaru, Ketua Umum PPP Muhammad Romahurmuziy (Romi) baru saja melakukan pertemuan dengan Sekjend PDI Perjuangan Hasto Kristanto.

Kepada wartawan, Sekjend PPP Arsul Sani mengaku pertemuan itu tidak ada kaitannya dengan pembahasan nama Cawapres di Pilpres 2019. Dikatakan Arsul, pertemuan PPP dengan Hasto hanya sebatas bertukar pikiraan tentang pembangunan ekonomi bangsa ke depan.

“Pertemuan dengan itu tidak ada pembicaraan tentang nama, yang ada kami bertukar pikiran tentang tantangan ke depan. Khususnya bidang eknomi dan juga menyangkut persatuan dan kesatuan bangsa,” kata Arsul, Selasa (27/3).

Meski begitu, Arsul tak menapik bahwa dalam pertemuan itu Romi dan Hasto sempat membahas soal kriteria Cawapres yang tepat. Namun, dalam pembahasan itu, PPP maupun Hasto tidak menyinggung soal nama-nama yang sempat dikaitkan dengan Jokowi.

“Kami sempat serempet pembicaraan sedikit tentang kriteria, tapi tidak bicara tentang orang. Soal melistingorang, kita sepekati nanti setelah Pilkada,” akui Arsul.

Anggota Komisi III DPR RI itu juga menjelaskan, langkah pembahasan sosok Cawapres yang tepat untuk Jokowi akan dibahas dengan partai-partai pendukung lainnya setelah Pilkada serentak nanti. “Pembicaraannya didahului dengan pembicaraan bilateral kembali, maupun secara multilateral antara seluruh partai koalisi yang sudah menyatakan akan mengusung Jokowi,” jelasnya.

Arsul juga membantah kabar pertemuan Ketum PPP dengan Hasto yang membahas terkait sosok Cawapres Jokowi dari kalangan Islam. Dikatakan Arsul, salah satu kriteria yang dibahas adalah sosok yang paham betul tentang pembangunan ekonomi.

“Tentu itu kami ajukan. Nah, tentu juga PDI Perjuangan juga menyampaikan salah satu kriteria Cawapresnya itu punya kemampuan dibidang pembangunan ekonomi, karena tantangan kita ke depan sangat berat,” tutup Arsul. (Aiy/Fajar)