JK: Lewat Kemenpan RB Birokrasi Hadir Dengan Perubahan

4 views

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Birokrasi pemerintahan di negara manapun sangat penting terutama berperan dalam melayani kebutuhan warganya.

Demikian disampaikan Wakil Presiden Jusuf Kalla saat membuka Indonesia Public Service Forum 2018 di Jakarta Convention Center, Rabu (7/11).

Menurutnya, melalui birokrasi, tujuan negara dalam hal ikut menyejahterahkan masyarakat dapat terwujud.

“Suatu negara, baik kecil ataupun besar, tentu untuk maju butuh aturan-aturan, butuh langkah-langkah yang dilaksanakan oleh pemerintah dalam hal ini para birokrat. Birokrat artinya kantor, biro, kantor. Oleh karena itu, maka aturan dan tujuan bernegara bersama-sama dengan seluruh masyarakat dapat dicapai,” ujarnya.

Meski begitu, JK tidak menampik bila urusan birokrasi kadang sering menyita waktu. Dampaknya masyarakat menjadi terhambat dalam mengurus surat-menyurat.

Karena itu, pemerintah Indonesia membuat perubahan. Salah satunya membentuk Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) agar pelayanan kepada masyarakat lebih cepat dan selesai dengan tepat.

“Memang ada hal yang selalu dikatakan bahwa birokrasi itu sulit lambat dan sebagainya. Oleh karena itu, perlu perubahan-perubahan dibentuk Kemenpan RB. Birokrasi harus direform, harus dibentuk ulang, harus diperbaiki. Memang sejak beberapa waktu yang lalu terjadi suatu perubahan dalam cara melayani masyarakat,” papar JK. [wah/rmol]