Kalahkan Kolombia 2-1, Jepang Ukir Sejarah

23 views

FAJAR.CO.ID – Gol Yuya Osako pada menit 73 memastikan Jepang mengalahkan Kolombia dengan skor 2-1 di Mordovia Arena, Selasa (19/6) malam WIB. Jepang menjadi negara Asia kedua setelah Iran yang meraih kemenangan pada laga pertama Piala Dunia 2018 di Rusia.

Bagi Jepang, ini juga sejarah bagi mereka. Untuk pertama kali mampu mengalahkan Kolombia. Sebelumnya dari tiga laga, mereka kalah dua kali dan sekali seri. Ini juga balas dendam atas kekalahan 1-4 di fase grup Piala Dunia 2014 silam.

Laga baru berjalan tiga menit saat wasit Damir Skomina menghukum Kolombia dengan penalti. Hukuman itu dijatuhkan karena Carlos Sánchez menghalau tendangan Shinji Kagawa dengan tangannya. Sanchez menerima kartu merah akibat ulahnya itu.

Kawaga yang menjadi eksekutor penalti berhasil membawa Jepang unggul 1-0 pada menit keenam. Dia menempatkan bola di tengah gawang. Sementara kiper David Ospina bergerak ke arah kanan.

Kehilangan satu pemain membuat Kolombia menguba kerangka permainannya menjadi 4-4-1. Pelatih Jose Pekerman menginstruksikan Juan Quintero sebagai gelandang bertahan bersama Jefferson Lerma. Sementara Radamel Falcao menjadi striker tunggal.

Kolombia mendapat tendangan bebas pada menit ke-12. Eksekusi Quintero langsung mengarah ke Falcao. Sayang sontekan eks Manchester United tersebut mengarah tepat ke pelukan kiper Jepang Eiji Kawashima.

Kalah jumlah pemain tak membuat Kolombia kehilangan ketajaman. Mereka justru sangat bergairah untuk memainkan sepak bola menyerang. Jepang tampak kewalahan untuk menghadang gempuran Los Cafeteros – julukan Kolombia.

Kolombia melakukan pergantian pertama pada menit ke-31. Pekerman memutuskan untuk menarik Juan Cuadrado dan memasukkan gelandang bertahan Boca Juniors Wilmar Barrios. Pergantian ini membuat Quintero bermain melebar sebagai winger.

Kolombia akhirnya menyamakan kedudukan lewat eksekusi tendangan bebas Quintero pada menit ke-39. Walaupun berhasil ditangkap Kawashima, namun bola sudah melewati garis gawang. Skor menjadi sama kuat 1-1.

Anak-anak Kolombia semakin percaya diri selepas menyamakan kedudukan. Namun tak ada tambahan gol hingga turun minum.

Sama seperti paruh pertama, Jepang mengambil inisiatif untuk menyerang pada menit-menit awal babak kedua. Kesempatan emas mereka hasilkan pada menit ke-54. Sayang tendanganon target Yuya Osako berhasil diblok kiper Ospina.

Ospina kembali melakukan penyelamatan gemilang pada menit ke-57. Kiper Arsenal itu sukses memblok tendangan melengkung Takashi Inui. Bek Maya Yoshida menyambut free kick rekannya dengan sundulan. Sayang arah bola melebar.

Bintang Kolombia James Rodriguez akhirnya mendapat kesempatan bermain pada menit ke-59. Penggawa Bayern Munchen tersebut masuk menggantikan si pencetak gol penyama kedudukan, Juan Quintero.

Tendangan kaki kiri dari jarak yang cukup jauh dilakukan eks pemain AC Milan, Keisuke Honda. Sayang bola mengarah tepat ke tangkapan kiper Ospina. Honda masuk menggantikan Kagawa pada menit ke-70.

Usaha keras Jepang akhirnya membuahkan hasil positif. Mereka kembali unggul melalui penyerang Yuya Osako pada menit ke-73. Bermula dari eksekusi sepak pojok Honda, sundulan Osako sukses menggetarkan gawang Kolombia. Jepang unggul 2-1.

Jepang masih menguasai pertandingan hingga menit ke-75. Kali ini mereka betul-betul memaksimalkan keunggulan jumlah pemain. Kehadiran James Rodriguez dan Carlos Bacca belum memberikan dampak maksimal ke permainan Kolombia.

James dan Bacca baru mendapatkan satu kesempatan pada menit ke-80. Namun aksi mereka digagalkan oleh pertahanan Jepang yang bermain sangat disiplin. Jepang berhasil membuat Kolombia frustrasi pada 15 menit akhir babak kedua.

Kolombia tak mengendurkan serangan walaupun pertandingan sudah memasuki masa injury time. Sementara Jepang memilih bertahan untuk mengamankan kemenangannya. Skor 2-1 untuk Jepang tak berubah hingga partai ini berakhir. (JPC)