Kapal Tanker Terbakar di Balikpapan, ABK-nya Warga Tiongkok

6 views

FAJAR.CO.ID — Kebakaran kapal tanker terjadi akibat tumpahan solar di perairan Balikpapan, Kalimantan Timur. Kebakaran itu telah dipadamkan petugas.

Kapolres Balikpapan, AKBP Wiwin Fitra, mengatakan, dari kebakaran mereka telah berhasil mengevakuasi 20 orang anak buah kapal (ABK) berkewarganegaraan Tiongkok.

“Semua ada 20 orang warga Tiongkok, dan satu orang mengalami luka bakar, dibawa ke rumah sakit,” kata dia ketika dikonfirmasi JPNN (Group FAJAR), Sabtu (31/3).

Menurut dia, seluruh ABK yang selamat berasal Tiongkok karena memang kapal itu asalnya dari negeri tirai bambu.

Sementara, untuk dua orang yang meninggal dipastikan warga asli Balikpapan. “Dua orang meninggal adalah nelayan. Penyebabnya belum tahu pasti,” kata dia.

Polri pun mulai menyelidiki insiden terbakarnya kapal tanker yang mengangkut solar di perairan tersebut.

Kadiv Humas Polri, Irjen Setyo Wasisto, mengatakan, penyidik dari Polresta Balikpapan telah memeriksa sejumlah saksi.

“Dari pemeriksaan api itu dari solar, tapi untuk sumber tumpahan belum diketahui masih dalam pengecekan,” katanya.

Sementara proses pemadaman, pihak Pertamina juga melakukan bantuan. Kemudian membantu juga dalam proses penyisiran sebaran tumpahan solar.

Setyo menambahkan, tim di lapangan juga punya dugaan sementara yang menyebut minyak berasal dari kapal tanker yang sedang berlabuh di Pelabuhan Semayang.

“Untuk sementara korban baru diketahui dua orang meninggal dunia dan kini dibawa ke RSUD Balikpapan,” tambahnya. (fajar/jpnn)