Kata Menkes, Cacing Parasit di Ikan Kalengan Mengandung Protein

8 views

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Menteri Kesehatan Nilla Moeloek mengatakan, cacing parasit yang ada pada ikan makarel atau sarden mengandung protein.

“Cacing itu sebenarnya mengandung protein,” kata Menkes Nilla Moeloek kepada awak media saat menghadiri Rapat Kerja bersama Komisi IX DPR RI, Kamis (29/3).

Tak hanya itu, Menkes Nilla juga mengakui cacing parasit dalam ikan sarden itu akan berkembang biak, bila lingkungan perut manusia cocok. “Kalau lingkungannya cocok di perut kita, dia akan berkembang biak, tapi kalau nggak sesuai ya tentu dia mati juga,” ucap Menkes.

Dikatakan Menkes, ikan sarden yang mengandung cacing parasit ini sebelum dikinsumsi harus melewati proses masak. Pada proses ini, cacing-cacing yang ada dalam ikan kalengan itu dipastikan mati.

“Setau saya itu kan nggak dimakan mentah, kan digoreng lagi atau dimasak lagi dan cacingnya mati lah. Jadi kalau udah masak, pasti steril lah,” jelas Menkes.

Lebih lanjut Menkes, selain ikan kalengan, manusia dan binatang lain juga memiliki cacing juga. Untuk itu, yang perlu diperhatikan adalah menjaga kesterilan makanan tersebut.

“Saya rasa iya bisa, manusia juga punya cacing, binatang yang lain pasti punya cacing juga. Jadi barangkali kalau kita mau itu streril, ya harus dijaga,” tutup Menkes.

Diketahui, ikan kalengan yang mengandung cacing parasit itu ditemukan di Provinsi Riau beberapa waktu lalu oleh Badan Pengawasan Ibat dan Makanan (BPOM) RI. (Aiy/Fajar)