Kemenag Rilis 200 Mubalig, Ustaz Abdul Somad Tidak Masuk

30 views

FAJAR.CO.ID — Kementerian Agama telah merilis 200 nama mubalig sebagai upaya memudahkan masyarakat dalam memilih penceramah yang dibutuhkan. Dari 200 mubalig yang dirilis, tercantum nama-nama yang sudah akrab di kalangan masyarakat.

Mubalig yang sudah tenar ada Abdullah Gymnastiar alias Aa Gym, Mamah Dedeh, Yusuf Mansur, Quraish Shihab, Mahfud MD dan Din Syamsudin. Nama TGB Zainul Majdi akrab disapa Tuan Guru Bajang yang merupakan Gubernur Nusa Tenggara Barat dua periode pun ikut masuk dalam daftar.

Hanya saja, mubalig yang saat ini populer melalui media sosial seperti Ustaz Abdul Somad tidak masuk dalam daftar.

Penetapan 200 mubalig tersebut menurut Menteri Agama, Lukman Hakim Saefuddin, baru merupakan tahap awal. Daftar seluruh nama mubalig tentu sudah memenuhi tiga kriteria yaitu mempunyai kompetensi keilmuan agama yang mumpuni, reputasi baik, dan berkomitmen kebangsaan tinggi.

“Nama yang masuk memang harus memenuhi tiga kriteria itu. Namun, para mubalig yang belum masuk dalam daftar ini, bukan berarti tidak memenuhi tiga kriteria tersebut,” ujarnya.

“Artinya, data ini bersifat dinamis dan akan kami update secara resmi,” sambungnya. Info selanjutnya, bisa berkirim pesan whatsapp melalui nomor 0811-8497-492.

Menurut Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin, daftar itu disusun berdasarkan tiga indikator utama.

Indikator pertama adalah pendakwah yang memiliki kompetensi tinggi tentang ajaran agama Islam. Kedua, mubalig yang masuk daftar itu harus punya pengalaman yang cukup dalam berceramah.

“Menjadi penceramah tidak hanya penguasaan konten tapi keterampilan dalam menyampaikan isi pesan ke masyarakat,” kata Lukman di Istana Negara, Jakarta, Jumat (18/5).

Ketiga, mubalig berkategori moderat harus memiliki komitmen kebangsaan yang tinggi. (fajar/jpnn)