Kementan Pastikan Pasokan Bawang Putih Stabil

3 views

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Kementerian Pertanian bergerak cepat menyusul kabar melonjaknya harga bawang putih di pasaran. Kementrian Pertanian pun memastikan pasokan bawang putih aman.

Dari data Kementrian Pertanian, seharusnya tidak ada kendala yang berarti dalam pengendalian harga bawang putih.

“Kami segera konsolidasi dengan importir untuk memasok bawang putih ke pasar agar harga terkendali,” kata Direktur Pemasaran dan Pengolahan Hasil Hortikultura, Yasid Taufik.

Perkembangan harga selama Januari sampai April, pasokan harga bawang putih relatif normal. Pasokan bawang putih di Pasar Induk Kramat Jati selama Januari sampai Maret minggu kedua pasokan berkisar 13-24 ton/hari dengan harga berkisar Rp14-Rp23 ribu/kg.

Bahkan, sejak 27 Maret pasokan bawang putih ke pasar induk terjadi peningkatan dua kali lipat berkisar 36-60 ton/hari dengan harga 19-21 ribu/kg.

Meningkatnya pasokan bawang putih ini sejalan dengan realisasi impor bawang putih oleh importir sesuai Surat Persetujuan Impor (SPI) dari Kemendag yang dimiliki oleh importir.

Produksi bawang putih hanya mampu memenuhi sekitar 5-10 persen dari kebutuhan pasar dalam negeri. Sejak tahun 1998, Indonesia sangat ketergantungan terhadap pasokan bawang putuh impor.

Tak heran, meski merupakan bahan makanan penting, bawang putih langganan impor dan menyumbang inflasi setiap jelang hari raya. Untuk menyelesaikan ini, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman telah membuat terobosan kebijakan untuk percepatan swasembada bawang putih.(rls/fajar)