KKN Mahasiswa Unnes Ikut Kembangkan Desa Layak Anak di Kramat

2 views

FAJAR.CO.ID, SEMARANG – Banyak anggapan bahwa pelajaran matematika pada umumnya dianggap sulit dan membosankan. Akibatnya, banyak kalangan siswa tidak suka dengan pelajaran matematika.

Hal inilah yang melatarbelakangi tim mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Lokasi Tahap 2B Universitas Negeri Semarang (Unnes) melaksanakan pengabdian menggunakan media pembelajaran yang menarik.

Salah satunya adalah menyelenggarakan Inovasi Festival Matematika di Desa Mejasem Timur, Kecamatan Kramat, Kabupaten Tegal, baru-baru ini.

Rif’an Kristiawan selaku penanggungjawab kegiatan menyampaikan, bahwa kegiatan ini dipusatkan di Taman Baca RT 05 RW 06 Desa Mejasem Timur yang diikuti oleh seluruh siswa Sekolah Dasar mulai kelas 3 hingga kelas 5 dengan peserta 46 siswa.

“Festival ini untuk menanamkan karakter positif bagi anak dengan konsep yang menarik, diantaranya pentas wayang bangun ruang kardus atau wayang bungkus oleh tim KKN, pentas wayang bungkus oleh anak, pembelajaran matematika menggunakan wayang bungkus, bernyanyi materi matematika dan permainan ranking 1 materi matematika,” ujarnya.

Rif’an menjelaskan, melalui kegiatan tersebut anak-anak menjadi lebih mengenal pelajaran matematika. Matematika erat dengan kehidupan sehari-hari dan dapat digunakan untuk bermain, bernyanyi serta bercerita dengan menyenangkan.

“Anak-anak mengaku belum pernah diperkenalkan pembelajaran matematika seperti ini, sehingga mereka sangat antusias belajar matematika sambil bermain bersama,” jelasnya.

Sementara itu Koordinator Mahasiswa KKN, Ferri Aryanto mengungkapkan, kegiatan ini merupakan program unggulan untuk mendukung pogram Pemerintah Kecamatan Kramat mewujudkan sebagai desa layak anak.

Selain itu, juga dilakukan kegiatan seperti jalan sehat, outbond, pelatihan tari, fashion show, senam, bercerita, lomba mewarnai, menanam pohon bersama anak-anak bimbingan belajar, serta sosialisasi makanan sehat.

“Melalui serangkaian kegiatan tersebut diharapkan anak-anak Desa Mejasem Timur memiliki lingkungan untuk belajar, mengembangkan diri secara nyaman dan Desa Mejasem Timur bisa menjadi salah satu pelopor desa layak anak di Kabupaten Tegal,” katanya. (sen)