Komikus Jepang Muncul Lagi dengan Sindiran Kereta Api Cepat dan Pekerja Asing

JAKARTA- Baru sehari menghilang dari jagat maya karena dihujat lantaran menyindir Presiden Joko Widodo (Jokowi), Komikus Jepang, Onan Hiroshi kini muncul lagi dengan karikatur yang sama yakni soal kereta api cepat.

Kali ini Onan Hiroshi menggambarkan Kereta Api Cepat dan Tanaga Kerja Asing. Karikatur itu dibagi antara dua bagian, yang satu tentang restoran yang dijanjikan gartis, yang satunya tentang pekerja asing dalam proyek kereta api cepat.

Soal pekerja Asing, Onan menggambarkan, para pekerja lokal dijanjikan untuk bekerja dalam proyek tersebut, namun pada akhirnya yang didatangkan justru pekerja asing.

Dalam keterangannya. Onan menyindir tentang “kata manis dalam perangkap.”

 

Sebelumnya, pada Selasa kemarin, Komikus ini meminta maaf kepada rakyat Indonesia dan Jokowi karena karikaturnya yang diunggah pada 22 Februari 2018 lalu.

Dalam karikatur itu, Jokowi diibaratkan sebagai pengemis di antara Cina dan Jepang guna membangun kereta api cepat, Jakarta-Bandung.

Unggahan ini dikecam sejumlah kalangan, Onan pun meminta maaf dan menutup akun pada Selasa (26/2) kemarin. Namun pagi ini akun Onan mulai terlihat kembali dengan berbagai karikatur sindirannya.

(dal/fajar)