Komisi IV: Kementan On The Right Track

44 views

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Kementerian Pertanian menjadi salah satu kementerian yang dianggap berhasil oleh anggota Komisi IV, Firman Soebagyo. Firman menyatakan Kebijakan kementerian pertanian untuk mekanisasi sektor pertanian sudah sangat tepat dan on the right track.

“Apabila Kementan mempertahankan sistem konvensional dan tradisional seperti ini tidak mungkin indonesia akan mampu meningkatkan produksi pangan dan mampu bersaing,” ujar firman melalui keterangannya tertulisnya, Kamis (29/3).

Namun sayangnya Firman melihat kebijakan yang sudah baik ini tidak dapat dukungan dari lintas sektor dan kementerian pertanian yang dibiarkan jalan sendiri bahkan nyaris tidak berdaya oleh kebijakan kementerian lainnya.

“Padahal pangan adalah kebutuhan pokok yang sangat fundamental bagi bangsa Indonesia yang jumlah penduduknya nyaris sudah akan mencapai 250 juta penduduk,” jelasnya.

Firman yang juga ketua baleg mengungkapkan dalam rilisan di markas PBB di New York, kenaikan jumlah penduduk dunia pada tahun 2050 diperkirakan akan meningkat sampai dengan 9,6 Milyar.

Ditambah, salah satunya negara Indonesia yang akan menghadapi tantangan terberat karena kebutuhan pangan pokok dan energi akan mengalami peningkatan yang sangat besar.

Anggota Komisi IV DPR RI lainnya, Sudin mendukung upaya langkah Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman untuk swasembada pangan.

Bahkan, Sudin mengaku akan membantu Amran dalam menjadikan Indonesia sebagai lumbung pangan dunia pada 2045.

“Saya mengenal beliau adalah menteri antiimpor. Tapi saya minta jaga pengawasan,” tutup Sudin dalam sambutannya dalam acara panen pedet hasil inseminasi buatan (IB) di Neglasari, Kabupaten Lampung Selatan, Kamis, 29/3/2018. (zain/fajar)