Komit Dukung Jokowi, Bupati Pesisir Selatan Mundur dari PAN

13 views

FAJAR.CO.ID, PADANG – Ketua DPD Partai Amanat Nasional Hendrajoni memutuskan mundur dari kepengurusan partai berlambang matahari pada Jumat (21/9) malam. Keputusan pengunduran diri pria yang juga menjabat sebagai Bupati Pesisir Selatan, Sumatera Barat tersebut dilakukan setelah dirinya komitmen menyatakan dukungannya kepada pasangan Jokowi-KH Ma’ruf Amin di Pilpres 2019. Dukungan tersebut dilakukannya bersama 9 kepala daerah lainnya beberapa hari yang lalu.

Pengunduran dirinya sebagai Ketua DPD PAN Pesisir Selatan tersebut disampaikan Hendrajoni di hadapan puluhan awak media dalam gelaran jumpa pers di Kota Padang, Jumat (21/9) malam.

Hendrajoni mengatakan, surat pengunduran dirinya dari PAN tersebut dibuat dua hari sebelum menggelar deklarasi dukungan dengan 9 kepala daerah di sebuah hotel pada Selasa (18/9) lalu.

“Saya mempunyai komitmen sendiri. Selaku kepala daerah tentu, saya telah merasakan kerja nyata (Jokowi) terhadap masyarakat. Nah, sebagai ketua DPD PAN Pesisir Selatan, pilihan partai saya berbeda,” katanya.

Menurut pensiunan Polri ini, pengunduran dirinya karena tidak ingin mengecewakan PAN selaku partai yang telah membesarkannya. Begitu pun tidak mau mengecewakan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan.

“Saya ucapkan terimakasih kepada Ketua DPP PAN saudaraku Bapak Zulkifli Hasan yang sangat baik, sangat luar biasa. Begitu juga untuk suhu, DPW yang ada di Sumbar, dan semua saudaraku di PAN,” terangnya.

Menurut Bupati Pesisir Selatan itu, tak etis rasanya, jika ia tidak mengundurkan diri. Sebab, PAN jelas-jelas partai koalisi pengusung Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Sedangkan ia telah terang-terangan dan berkomitmen untuk mendukung Jokowi-Ma’ruf Amin di Pilpres 2019.

“Maka itu, saya yang bertandatangan di bawah ini atas nama Hendrajoni, dalam rangka menjunjung etika politik di Indonesia, dengan ini menyatakan pengunduran diri sebagai DPD PAN Pesisir Selatan,” tegasnya.

Hendrajoni mengaku, keputusan pengunduran dirinya sebagai Ketua DPD PAN Pesisir Selatan, sama sekali tidak atas dasar tekanan partai dan pihak manapun. Keputusan itu menurutnya, murni dari hati nurani.

Meski telah resmi mengundurkan diri, Hendrajoni mengaku belum memutuskan untuk berlabuh di partai manapun. Saat ini, ia mengaku hanya fokus pada pemerintahan Pesisir Selatan agar terus lebih baik dari segi pembangunan dan masyarakatnya.

“Saya sudah koordinasi dengan ketua DPW terkait pengunduran ini. Karena selama ini berpolemik, saya tidak ingin berpolemik, ada yang bilang dicopot tidak enak, saya tidak ingin berpolemik,” tutupnya. (rcc/JPC)