Konser Amal Bersama Opick untuk Lombok dan Palestina di Purworejo Terkumpul Donasi Setengah Miliar

FAJAR.CO.ID, PURWOREJO – Ratusan masyarakat Purworejo mulai memadati GOR WR Soepratman untuk menyaksikan konser amal kemanusiaan yang menghadirkan Opick, Minggu (2/9).

Masyarakat yang hadir juga tampak antusias menyaksikan penampilan artis religi papan atas tersebut dan memberikan donasi bagi saudara-saudara di Palestina dan Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Konser kemanusiaan “Senandung Cinta dari Purworejo untuk Lombok dan Palestina Bersama Opick” ini digagas oleh Aksi Cepat Tanggap (ACT) Jateng sebagai wujud keprihatinan terhadap Palestina dan bencana gempa bumi yang mengguncang Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) beberapa pekan lalu.

Sebelum bersenandung, Opick memberi sapa kepada masyarakat Purworejo. “Ayah dan bunda, ini benar-benar berkah yang tidak ternilai, kita mampu membantu saudara-saudara kita untuk membeli makanan pokok, air bersih, membeli susu, membeli selimut. Mari bersama-sama disini membantu saudara di Lombok dan Palestina,” kata Opick.

Opick berhasil memukau masyarakat yang hadir dan menghasilkan donasi yang terkumpul dalam acara yang berlangsung sekitar tiga jam itu hampir setengah miliar rupiah.

“Untuk berbagi, kita tidak harus menjadi orang kaya, tidak perlu menunggu besok. Seberapapun kemampuan kita, maka semoga akan mendapat keberkahan dari Allah SWT. Alhamdulillah hampir Rp 500 juta terkumpul, dari Purworejo kita akan membuat tersenyum saudara-saudara kita di Palestina dan Lombok,” ujar Opick.

Semangat yang ditularkan oleh Opick mampu membangkitkan kepedulian masyarakat yang hadir. Hal ini terbukti dengan terkumpulnya donasi kepedulian untuk Palestina dan Lombok yang mencapai Rp Rp 478.545.000.

Hasil dari penggalangan dana untuk Palestina dan Lombok diperkirakan akan bertambah lagi. Hal ini disampaikan langsung oleh Pakarsiwi selaku Koordinator Panitia Konser sekaligus perwakilan dari BMT Binamas Purworejo.

“Insya Allah hampir terwujud dan kemungkinan besarnya angka akan lebih dari Rp 500 juta. Karena tadi beberapa masih menyatakan ingin berdonasi,” tutur Pakarsiwi.

Ia menambahkan, dana yang terkumpul dari masyarakat nantinya akan disalurkan melalui ACT Jateng yang saat ini telah memiliki program kemanusiaan di Palestina dan sejumlah posko di Lombok.

“Selain itu, dengan donasi atau sedekah itu mudah-mudahkan menjadi tolak balak masyarakat Purworejo. Insya Allah digantikan oleh Allah limpahan keberkahan dan kebaikan,” imbuhnya.

Kepala Cabang ACT Jateng Sri Suroto menyampaikan apresiasi serta rasa terima kasih yang sedalam-dalamnya kepada masyarakat Purworejo.

“Masyarakat Purworejo sungguh luar biasa. Ini adalah amanah dari masyarakat yang dipercayakan kepada ACT. Insya Allah kami akan sampaikan kepada saudara kita di Palestina dan masyarakat yang terdampak gempa di Lombok,” ujarnya.

Lombok, lanjutnya, dalam satu bulan terakhir telah terjadi gempa susulan sebanyak 1.973 kali. Kejadian ini bukan sesuatu yang sederhana, efek dari gempa telah menimbulkan kerusakan sangat hebat. Korban jiwa mencapai 564 dan 1.597 lainnya mengalami luka-luka. Selain 12.778 rumah rusak ringan, 723 rusak sedang, dan 9.220 rumah rusak berat.

Untuk merespon sekaligus sebagai kepedulian terhadap isu kemanusiaan, ACT sampai dengan saat ini telah memiliki 147 titik posko di Lombok.

“Setelah usai fase emergency, kita saat ini memasuki fase recovery dan ini membutuhkan segenap bantuan dari seluruh masyarakat. Kita sedang membangun hunian sementara tahan gempa (shelter), targetnya sebanyak 1.000 unit,” kata Suroto.

Pihaknya berharap konser kemanusian ini menjadi batu pijakan untuk melangkah lebih jauh dalam membangun kepedulian masyarakat Indonesia, khususnya Jateng.

“Kita berharap di Purworejo yang dianggap kota kecil ini, bisa menyemangati kota-kota yang lainnya. Di Purworejo saja bisa menggalang hampir setengah miliar, ini bukan angka yang kecil, kota yang lain harus bisa,” pungkas Suroto. (sen/yon)

Incoming search terms: