Korut Kecewa Berat AS-Korsel Kembali Latihan Militer Bareng

45 views

FAJAR.CO.ID — Korea Utara (Korut) membatalkan pertemuan dengan Korea Selatan (Korsel) yang seharusnya digelar pada Rabu, (16/5). Pembatalan itu terjadi setelah Korsel melakukan latihan militer gabungan dengan Amerika Serikat (AS).

Seperti dilansir Yonhap, latihan tersebut dimulai pekan lalu melibatkan 100 pesawat tempur termasuk F-15K Slam Eagle dan pengebom B-52. Latihan bersandi ‘2018 Max Thunder’ merupakan upaya Korsel dan AS yang bersikukuh untuk menekan dan memberi sanksi kepada Korut.

“Latihan itu jelas merupakan tantangan bagi Deklarasi Panmunjom, dan bentuk dari provokasi militer kepada Korut di Semenanjung Korea,” kata sebuah pernyataan di media Korut KCNA.

Sementara itu, Kementerian Unifikasi Korsel melalui juru bicaranya Baik Tae Hyun menyesalkan pembatalan yang dilakukan Korut. Namun, Seoul bersikeras bahwa latihan tersebut tidak berhubungan dengan semangat dan tujuan yang dicapai kedua negara dalam KTT Korut dan Korsel.

“Pemerintah Korsel tetap berkomitmen terhadap Deklarasi Panmunjom. Kami berharap Korut bisa kembali bernegosiasi dengan kami,” kata Baik dilansir Yonhap, Rabu, (16/5). Pertemuan tersebut harusnya membahas transportasi, pembangunan jalur kereta ke dua Korea, dan bidang hubungan dua Korea.

Selain membatalkan pertemuan dengan Korsel, Korut juga bakal menarik diri dari pertemuan dengan Washington. Pemimpin Tertinggi Korut Kim Jong Un rencananya bertemu dengan Presiden AS Donald Trump pada 12 Juni mendatang di Singapura. (iml/JPC)