KPK Sita Rumah Mewah Tersangka Koruptor di Pondok Indah

5 views
FAJAR.CO.ID, JAKARTA- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyita rumah milik keluarga tersangka suap pengadaan pesawat dan mesin pesawat dari Airbus S.A.S dan Rolls-Royce P.L.C pada PT. Garuda.

Juru Bicara KPK, Febri Diansyah mengungkapkan rumah tersebut disita demi kepentingan penyidikan perkara.

“Untuk kepentingan peyidikan perkara ini penyidik hari ini menyita sebuah aset milik keluarga tersangka ESA (Emirsyah Satar) berupa 1 unit rumah di daerah Pondok Indah, Jakarta Selatan,” ujarnya di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (29/3)

Dia menambahkan penyidik dan tim asset tracing KPK menggunakan metode follow the money sebelum akhirnya memutuskan untuk menyita rumah itu.

Rumah yang beralamat di Jalan Pinang Merah II blok SK Persil Nomor 7-8 tersebut dibeli oleh keluarga Emirsyah pada tahun 2012 seharga kurang lebih Rp 8,5 miliar.

Uang untuk pembayaran rumah tersebut diduga berasal dari tersangka Soetikno Soedarjo.

Emirsyah Satar merupakan Direktur Utama PT Garuda Indonesia yang telah ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK.

Dia diduga menerima suap dalam bentuk transfer uang dan aset yang nilainya diduga lebih dari 4 juta dolar AS atau setara dengan Rp 52 miliar dari perusahaan asal Inggris yakni Rolls-Royce.

Diduga Rolls-Royce memberikan uang dan aset kepada Emirsyah agar perusahaan tersebut dapat menjadi penyedia mesin maskapai nomor satu di Indonesia tersebut.[dem]