KPU Apresiasi Deklarasi Pilpres Damai di Tugu Proklamasi

2 views

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Seluruh pihak yang terlibat dalam kontestasi pemilu memiliki kesadaran dan mengambil tindakan untuk mencegah semakin besarnya potensi konflik, termasuk organisasi masyarakat, mahasiswa dan komunitas kepemudaan dari lintas agama.

“Kami di sini menyerukan agar menjelang kampanye Pilpres 2019 mendatang tetap aman, damai dan sejuk,” ujar Koordinator Aliansi Masyarakat Indonesia untuk Pemilu Damai, Husny Mubarok usai deklarasi damai menjelang masa kampanye Pilpres 2019 di Tugu Proklamasi, Jakarta, Minggu (16/9).

Husni menuturkan, perlu kerja sama dari setiap elemen masyarakat khususnya lintas agama, untuk menciptakan Pemilu 2019 terhindar dari berbagai ancaman internal yang bisa memecah belah bangsa.

“Menjelang masa kampanye, kita ketahui ada yang sering memanfaatkan politik identitas, seperti isu keragaman agama, budaya, ras serta pandangan ideologi yang seharusnya malah menjadi kekuatan bangsa kita,” tambah Husny.

Sementara itu, Komisioner KPU Jakarta Nurdin mengatakan, pihaknya mengapresiasi acara deklarasi tersebut. Menurutnya, ini bisa menjadi langkah awal menciptakan pesta demokrasi yang aman dan damai.

“Saya mengapresiasi ini. Ini merupakan awal dari proses Pemilu 2019 mendatang, ini mudah-mudahan bisa ditindaklanjuti, sehingga Pemilu 2019 bisa berlangsung aman sejuk dan damai,” ucap Nurdin. [jto/rmol]