Kreatif, Tukang Ojek Ini Dulang Jutaan Rupiah dari Youtube

22 views

FAJAR.CO.ID, ENREKANG — Tak hanya orang kota yang bisa membuat video-video unik untuk diunggah ke media sosial seperti Youtube. Warga di daerah pun punya kesempatan yang sama untuk menjadi Youtuber.

Buktinya, salah seorang warga Enrekang, Jasman, juga bisa mengantongi penghasilan dari aktivitasnya mengunggah video ke Youtube. Kontennya pun hanya seputar kegiatan yang berhubungan dengan hobinya memancing ikan.

Itu lantaran Jasman berprofesi utama sebagai tukang ojek. Aktivitas memancing hanya dilakukannya untuk mengisi waktu senggang. Itu dilakukannya selama beberapa tahun. Kreativitas mengolah video baru ditekuninya selama setahun terakhir.

“Mulanya saya hanya suka mancing. Karena saran teman, saya termotivasi untuk buat konten YouTube. Saya sempat kesusahan karena gaptek. Buka facebook saja saya tidak tahu,” paparnya, Jumat, 9 Maret.

Kendati demikian, lelaki yang akrab disapa Mas Koboy ini tak patah arang. Ia sampai rela menyisihkan uang tabungan untuk membeli kamera. Sembari terus belajar, ia pun mulai akrab dengan dunia editing video dan Youtube hingga berbagai konten di dalamnya.

“Itu saja yang terus-menerus saya pelajari, akhirnya beranikan buat video. Meski episode-episode awal sangat susah berbicara di depan kamera. Alhamdulillah, ada penghasilan lebih dari Youtube untuk membantu ekonomi keluarga selain menjadi tukang ojek,” papar lelaki yang juga dikenal dengan panggilan Jasa’ ini.

Tak tanggung-tanggung, penghasilan perdana Jasman dari channel Youtube miliknya mencapai angka Rp5 juta. Saat ini, ia mengantongi subscriber sebanyak 7.539 orang. (mam)