Kredit Produktif Tanpa Bunga ala NH-Aziz Jadi Dambaan Pedagang

35 views

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulsel nomor urut satu, Nurdin Halid-Aziz Qahhar Mudzakkar (NH-Aziz), semakin mendapatkan tempat di hati masyarakat. Dukungan publik dari berbagai elemen mengalir semakin massif menjelang tahapan pencoblosan. Mereka mengikrarkan dukungan karena melihat ketokohan dan program pasangan nasionalis-religius yang paling pro-rakyat dibandingkan tiga kandidat lain.

Salah seorang pedagang kios di Kota Makassar, Zubaedah, mengaku telah mencari tahu program sejumlah kandidat dan memang hanya NH-Aziz yang paling berpihak kepada masyarakat kecil. Gagasan dan program yang dicanangkan benar-benar sesuai harapan dan kebutuhan masyarakat. Olehnya itu, ia mengaku tidak ragu mendukung, bahkan mengajak sanak keluarganya untuk turut memenangkan pasangan tegas, merakyat dan religius.

Dari sederet program Sulsel Baru, Zubaedah menyebut paling mendambakan kredit produktif tanpa bunga dan tanpa agunan. Melalui program tersebut, ia berharap mampu mengembangkan usahanya. Sebagai pedagang dengan modal seadanya, sulit untuk mengembangkan usaha. Kalau pun meminjam di perbankan, aksesnya begitu sulit karena tidak adanya jaminan. Belum lagi, bunga yang ada bisa-bisa malah membebani kehidupannya.

“Jujur pas tahu ada program NH-Aziz terkait bantuan dana UMKM tanpa bunga dan tanpa jaminan, saya senang sekali. Itu benar-benar sangat dibutuhkan masyarakat seperti saya ini yang kerjanya berdagang kecil-kecilan. Ya kita doakan NH-Aziz menang dan bisa merealisasikan seluruh programnya,” kata Zubaedah, Jumat (1/6).

Selain program kredit produktif tanpa bunga dan tanpa agunan, Zubaedah menyebut masyarakat kecil juga mendambakan program pendidikan dan perlengkapan sekolah gratis dan layanan kesehatan berbasis KTP. Program-program itu menjadi alasannya memilih NH-Aziz. Toh, kandidat lain tidak ada yang berani dan memiliki kepedulian sebesar NH-Aziz.

“Bukan hanya program bantuan modal itu yang kita senangi, tapi juga pendidikan dan kesehatan gratis berbasis KTP. Itu sungguh sangat membantu masyarakat kecil. Jelas kelihatan kan bahwa program-program NH-Aziz menunjukkan keberpihakannya kepada masyarakat kecil,” ujar Zubaedah.

Sementara itu, NH memaparkan program kredit produktif tanpa bunga digagas dengan memanfaatkan peran bank daerah untuk menyalurkan kredit khusus. “Kalau saya terpilih jadi gubernur, saya akan siapkan yang namanya kredit kesejahteraan. Tidak ada bunganya,” ucapnya.

Menurut NH, meski kredit untuk petani kini sudah disiapkan melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR), tetapi bunga yang ditetapkan masih dinilai memberatkan. “Mungkin bunganya tahun lalu 9 persen, tahun ini ditargetkan tinggal 7 persen. Kalau NH-Aziz gubernurnya, bunganya jadi 0 persen,” tutur dia.

NH menerangkan program kredit produktif tanpa bunga merupakan satu dari sekian banyak program ekonomi kerakyatan pasangan dengan slogan Sulsel Baru. Pengembangan sektor produktif meliputi pertanian, perkebunan, peternakan dan perikanan, menjadi atensi lantaran diyakini dapat menekan angka kesenjangan serta meningkatkan kesejahteraan rakyat. (*)