Laporan ASN Penuhi Syarat, Ombudsman Segera Panggil Bupati Takalar

14 views

FAJAR.CO.ID, TAKALAR — Laporan Aparatur Sipil Negara (ASN) Takalar ke Ombudsman terkait amburadulnya mutasi yang dilakukan Bupati Takalar, H Syamsari Kitta, akhirnya dinyatakan memenuhi syarat. Bupati Takalar pun diagendakan akan segera dipanggil untuk melakukan klarifikasi.

Pihak Ombudsman melalui Bagian Penerimaan dan Verifikasi Berkas, Kusnadi Umar, saat dikonfirmasi menegaskan bahwa laporan ASN dari Kabupaten Takalar berdasarkan hasil verifikasi dan rapat perwakilan laporan tersebut dinyatakan memenuhi syarat formil dan materil

“Setelah kami melaksanakan rapat terkait dugaan pelanggaran mutasi yang dilaporkan oleh ASN Takalar, dinyatakan memenuhi syarat formil dan materil untuk ditindak lanjuti oleh tim pemeriksa,” Kata Kusnadi Umar, Sabtu (11/8).

Kusnadi Umar, menambahkan, proses tindak lanjut yang akan ditempuh Ombudsman dapat dilakukan dalam bentuk klarifikasi tertulis atau pemanggilan pada pihak terlapor, dalam hal ini Bupati bersama tim Baperjakat yang diketuai Sekda Takalar, H Arsyad.

“Tindak lanjut dalam bentuk klarifikasi tertulis dapat dilakukan terhadap pihak terlapor, bahkan pemanggilan pun sangat memungkinkan untuk kami lakukan, karena pelanggaran mutasi yang dilaporkan memenuhi segala unsur,” Urai Kusnadi.

Kusnadi lebih jauh memaparkan bahwa pada prinsipnya ombudsman tidak memiliki kewenangan untuk menjatuhkan sanksi, akan tetapi jika hasil pemeriksaan nantinya ditemukan ada maladministrasi maka ombudsman akan mengeluarkan tindakan korektif yang wajib dilaksanakan oleh terlapor paling lambat 30 hari. (ari/bkm/fajar)