Lawan Hongkong, Tim Merah Putih Andalkan Kecepatan

15 views

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Pelatih interim Tim Merah Putih, Bima Sakti bakal fokus menyeimbangkan transisi bermain saat  Indonesia menghadapi Hong Kong pada laga uji coba internasional di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Selasa (16/10), untuk persiapan Piala AFF 2018.

Transisi bermain juga yang menjadi materi latihan yang diberikan jelang laga uji coba. Menurut Bima, beberapa pemain yang sudah lama bergabung sudah mengerti keinginan pelatih, namun beberapa pemain yang baru bergabung membutuhkan adaptasi lebih.

“Kami melihat Hong Kong tim yang bagus, tim yang punya materi pemain bagus dengan postur tinggi. Kita bukan mau bertahan, tapi kita mau mengingatkan lagi bahwa ini (transisi dari menyerang ke bertahan dan dari bertahan ke menyerang) adalah kelebihan timnas kita yang sudah dibangun sebelumnya,” kata Bima saat konferensi pers jelang laga di Hotel Grand Zuri, Cikarang, Senin (15/10).

Terkait skema bermain, Bima menyebut telah memiliki beberapa opsi lain dari segi menyerang dengan memanfaatkan materi pemain yang ada. Strategi itu diakui Bima sudah dibentuk sejak lama bersama dengan Luis Milla.

“Opsi itu jadi rahasia saya dan Luis Milla sebelumnya. Pastinya, kami punya macam-macam variasi, termasuk mempelajari dari sesi video. Pemain yang sudah lama bergabung pasti sudah mengerti, yang baru perlu adaptasi lagi. Tapi selama latihan, mereka sangat luar biasa,” terangnya.

Laga uji coba melawan Hong Kong merupakan bagian dari rangkaian persiapan Timnas Indonesia untuk menghadapi Piala AFF 8 November sampai 15 Desember mendatang. Tim pelatih juga melakukan beberapa perubahan pada materi pemain setelah cedera kaki yang menimpa Rezaldi Hehanusa. (sb/jpg/jek/JPR/JPC)