Lawan Persebaya, PSM Tanpa Diperkuat Marc dan Pellu

3 views

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Tim pelatih PSM tengah dalam persiapan menyusun kekuatan lini tengahnya pasca absennya Marc Klok dan Rizky Pellu. Dua sosok yang cukup penting sebagai midfielder untuk laga kontra Persebaya di Stadion Bung Tomo, Surabaya, Sabtu, 10 Oktober nanti.

Pasukan Robert Alberts sebetulnya memiliki beberapa calon pengganti Pellu dan Marc. Namun pada sesi latihan di Stadion Andi Mattalatta, Selasa, 6 November pelatih berpaspor Belanda itu masih meramu beberapa kemungkinan pengganti yang setimpal.

Pada latihan ini, Robert membagi empat tim dengan dua metode latihan berbeda. Metoe pertama dengan menerapkan game 7 lawan 7. Metode kedua dengan mengasah permainan set piece dan akurasi tembakan jarak jauh. Pembagian timnya melihat posisi pemain dan statusnya yang kerap dimainkan sebagai pemain inti.

Dalam pembagian ini terlihat sosok Rasyid Bakri dan M Arfan jadi terdepan untuk persiapan menghadapi Misbakhul Solikin dkk. Meski pun sebenarnya juga ada dua pemain lain yang disiapkan yakni Hendra Wijaya dan Wasyiat Hasbullah. Hanya saja kedua pemain ini sepertinya hanya sebagai pelapis Rasyid dan M Arfan nantinya.

Usai latihan Pelatih PSM, Robert Rene Alberts mengatakan timnya akan masih terus melihat perkembangan pemain yang tepat menggantikan sosok Pellu dan Marc. “Kami sedang pikirkan itu. sedang perhatikan bagaimana caranya menggantikan midfielder ini,” ucap Robert.

Dalam metode latihan kali ini pelatih 63 tahun menyebut ia lebih banyak fokus pada recovery pemain meski dalam metode ini sedikit ada intensitas pada penekanan permainan. “Latihan ini hanya receovery tidak banyak lari. Tapi ada sedikit buat tekanaan-tekanan untuk memperkuat badan pemain,” jelas Robert.

Memilih duet Rasyid dan M Arfan juga melihat dari catatan bermainnya. Meski belum dimainkan bersama dua pemain ini memberi catatan impresif. Hanya saja beberapa laga sebelumnya dua pemain ini memang lebih banyak ditugaskan dalam membantu serangan dengan Marc di belakangnya.

Arfan yang sudah bermain 10 laga telah mencatat dua assist dan dua umpan kunci. Sementara Rasyid yang bermain 22 laga mencatat empat assist dan 13 umpan kunci. Dalam hal bertahan, Rasyid dan Arfan memang cukup minim dalam memotong bola lawan, intersep. Arfan 13 intersep dan Rasyid 21 intersep. (tam/fjr)