Luncurkan 3 Produk Inovasi Bapenda, Gubernur Sulsel: Mendekatkan Layanan ke Masyarakat

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Nurdin Abdullah meresmikan tiga produk layanan inovasi Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Sulsel yaitu Samsat Lorong, Samsat Sipakainge, dan Samsat Mobile Banking.

“Di semua negara saat ini jualannya adalah inovasi, dan saya mengapresiasi inovasi Bapenda ini,” kata Nurdin pada peluncuran layanan tersebut di Makassar, Kamis (8/11).

Inovasi layanan yang dilakukan Bapenda Sulsel ini akan memudahkan masyarakat untuk membayar pajak kendaraan mereka. Pada layanan Samsat Lorong misalnya, masyarakat dapat menghubungi “call center” Samsat Lorong, menanyakan informasi jumlah pajak yang harus dibayarkan, dan meminta petugas Samsat untuk datang menjemput pembayaran di lokasi yang mereka inginkan.

Pada layanan Samsat Sipakainge, para petugas Bapenda secara aktif mendatangi pusat-pusat keramaian dan meletakkan selebaran yang mengingatkan kapan pajak kendaraan jatuh tempo dan berapa jumlah pajak yang harus dibayarkan.

Sementara Samsat Mobile Banking memungkinkan masyarakat membayar pajak kendaraan di seluruh jaringan ATM Bank Sulselbar, setelah memperoleh kode bayar melalui SMS ke 99250 atau aplikasi e-samsat.

“Inovasi ini mendekatkan layanan ke masyarakat,” imbuhnya.

Ia berharap melalui inovasi layanan ini masyarakat dapat membayar pajak dengan kerelaan hati, untuk mendukung pembangunan Sulsel. Apa lagi saat ini pajak kendaraan merupakan salah satu sumber utama pendapatan asli daerah (PAD).

Di sisi lain, Nurdin mengatakan perbaikan pelayanan publik juga terus dilakukan, diantaranya dengan menghadirkan jalan yang mulus, tempat parkir umum, dan fasilitas pejalan kaki yang memadai.

“Jika masyarakat menikmati jalan yang mulus, tempat parkir yang luas, mereka akan ingat untuk membayar pajak,” harapnya.

Kepala Bapenda Sulsel Tautoto Tanaranggina mengatakan hadirnya tiga layanan ini melengkapi berbagai layanan yang telah disiapkan untuk memudahkan para wajib pajak. Sebelumnya Bapenda juga telah memililiki layanan lain, seperti Samsat Keliling.

Turut hadir dalam peluncuran ini, Walikota Makassar Moh. Ramdhan Pomanto. (Ant)