Mahfud MD Dukung Tito Jadi Cawapres, Anak Buah Malah Tidak Ikhlas

1 views

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Pernyataan Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD yang mendorong Kapolri Jenderal Tito Karnavian jadi cawapres Jokowi di Pilpres 2019, mengundang reaksi Mabes Polri.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri Mohammad Iqbal menegaskan, Kapolri masih fokus menjalankan tugas-tugasnya di Korps Bhayangkara. Untuk itu, dia berharap agar pimpinannya itu tidak ditarik-tarik ke ranah politik.

“Jangan tarik Pak Kapolri ke ranah politik. Biarkan Pak Kapolri menjadi penjaga keamanan saja,” tegasnya di Jakarta, Senin (2/4).

Sementara itu dia tidak paham maksud Mahfud MD yang mendadak memunculkan nama Tito Karnavian menjadi cawapres Jokowi karena dianggap baik dan layak.

“Pendapat Pak Mahfud adalah pendapat pribadi beliau, kita tidak tau apa alasannya,” tukas Iqbal.

Sebelumnya, pada acara peluncuran buku Etika dan Kode Etik Profesi Hukum karya mantan Ketua Komisi Yudisial Suparman Marzuki di Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta, Sabtu kemarin (31/3), Mahfud mengatakan Tito cocok menjadi calon wakil presiden Joko Widodo atau Prabowo Subianto.

“Kalau menurut saya sendiri yang mantap (jadi cawapres) itu pak Tito (Kepala Kepolisian Republik Indonesia Jenderal Tito Karnavian),” ujarnya.

Mantan ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu beralasan, Tito terbilang masih muda, dan selama menjabat Kapolri, sosoknya cukup berintegritas.  (fajar/JPC)