Makassar Tuan Rumah Pertemuan Marga Tionghoa Se-ASEAN pada 2021, Ini Harapannya

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – 2021, Makassar akan menjadi tuan rumah pertemuan marga-marga Tionghoa se-ASEAN XI. Perhelatan ini diharapkan akan meningkatkan perekonomian kota Makassar.

Tuan rumah ini telah disepakati seluruh sembilan negara saat pergelaran Marga-Marga Se-ASEAN di Hotel Grand Hyatt, Taguig City, Manila, Filipina, 21-23 September 2018. Ketua umum Pusat Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI), David Herman Jaya, mengatakan ini peluang emas bagi Makassar mempromosikan pariwisatanya.

Apalagi kata dia, seluruh delegasi negara datang dengan modal atau biaya sendiri. Sehingga seperti hotel dan kuliner Makassar menjadi sasaran empuk. “Harapannya juga dengan ini bisa melahirkan minat berinvestor di Makassar ,”kata David.

Aswen S Utomo selaku Ketua Bidang International PSMTI Pusat, juga menyampaikan memilih Makassar dibanding kota lainnya karena potensi Makassar yang luar biasa. Termasuk kata dia kesiapan tuan rumah. “Saya pilih karena semangat Makassar yang luar biasa,”katanya.

Meskipun kata dia, kota Makassar hanya menjadi kota tuan rumah saja, namun persiapan dan kepanitiaan diakui tetap dikerjakan bersama. Khususnya sokongan dari pusat dan PSMTI provinsi lainnya. Karena tuan rumah adalah Indonesia.

Sementara itu, Ketua Umum PSMTI Sulsel Wilianto Tanta, mengatakan sangat siap menjadi tuan rumah. Pada tujuannya kata dia, pihaknya ingin mempromosikan Makassar lebih luas.

Akan ada sembilan negara dengan estimasi ribuan peserta yang akan hadir. “Termasuk secara otomatis meningkatkan perekonomian dan mengundang lahirannya investor ke Makassar,”ungkapnya.

Ketua Harian PSMTI Sulsel, Emmy Jita, menambahkan, pada perhelatan di Filipina diakui Indonesia menjadi delegasi yang peserta terbanyak. Dihadiri seluruh Perwakilan provinsi di Indonesia.

Terkhusus Sulselbar, diakui ada 31 orang yang hadir. “Artinya semangat Indonesia. Khususnya Makassar memang sangat tinggi. Jadi Makassar memang layak jadi tuan rumah,” katanya menyebut tahun 2020 kegiatan digelar di Malaysia. (mum/fajar)