Memprihatinkan! Pembajakan Caleg seperti Bursa Transfer Sepakbola

23 views

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Sekretaris Jenderal DPP Partai Perindo Ahmad Rofiq angkat bicara soal kabar salah satu partai politik yang “membajak” politisi dari kalangan artis parpol lain.

Rofiq mengaku sangat prihatin jika kabar tersebut benar-benar terjadi. Apalagi parpol tersebut membajak kader parpol lain bak membeli pemain bola dari klub lamanya.

“Politik itu seperti bursa transfer sepakbola, saya prihatin,” sesalnya dalam diskusi bertajuk “Colak, Colek, Caleg” di bilangan Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (21/7).

Jika memang itu terjadi, kata dia, itu sama saja parpol tersebut hanya mencari kuantitas bukan kualitas dari para anggota dewan. Hal ini ditegaskannya sebagai kemunduran dari kualitas demokrasi.

“Semua partai menghalalkan cara yang penting dapat kursi banyak,” sesalnya.

Lebih lanjut, jelas Rofiq, kebijakan politik parpol seperti ini malah akan membuat para anggota dewan tidak memiliki komitmen kebangsaan, mereka hanya mementingkan kepentingan pribadi ataupun golongan.

Akibatnya, nanti akan semakin banyak legislator yang akan diciduk Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) karena terlibat kasus korupsi.

“Kalau hari ini banyak kepala daerah anggota dan tertangkap KPK, saya yakin kalau rekrutmen caleg tidak melalui mekanisme yang baik dan jelas, saya yakin masih banyak ke depan yang akan di OTT KPK. Buat apa ada parpol kalau kita tidak mengedepankan kader kita sendiri. Masa depan ini akan lebih tertata, politisi itu jadian dari pengabdian, bukan mata pencaharian,” pungkasnya. [rus/rmol]