Menkes Belum Terima Laporan Soal Ikan Kaleng yang Mengandung Cacing

4 views

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Menteri Kesehatan Nilla Moeloek mengaku pihaknya belum menerima laporan terkait penemuan merek ikan makarel atau sarden kalengan yang mengandung parasit cacing, atau cacing jenis Anisakis Sp.

“Ngga ada laporan,” kata Menkes saat menggelar rapat kerja bersama Komisi IX DPR RI pada, Kamis (29/3).

Diketahui, ikan kalengan yang mengandung parasit itu ditemukan di Provinsi Riau beberapa waktu lalu oleh Badan Pengawasan Ibat dan Makanan (BPOM) RI. Meski begitu, pihak Menkes juga belum mengetahui ikan kalengan yang mengandung cacing itu sudah ditarik dari peredaran atau belum. “Nggak tau, itu BPOM yah,” akuinya.

Lanjut Menkes Nilla, ikan kalengan yang mengandung cacing itu tidak dimakan begitu saja, karena harus melalui proses masak hingga cacing yang ada pada ikan itu langsung mati.

“Setau saya itu kan nggak di makan mentah, kan digoreng lagi, atau masak lagi dan cacingnya mati lah,” ujarnya.

Dikatakan Menkes, sejatinya cacing itu memiliki protein. Tetapi, kalau ikannya sudah di masak, maka dipastikan sudah steril. “Cacing itu sebenarnya isinya protein. Tapi saya kira kalau udah dimasak kan, saya pikir udah steril. Insya Allah nggak jadi nih,” ucapnya.

Lebih lanjut Menkes, cacing yang ada pada ikan kaleng itu akan disesuaikan dengan lingkungan dan perut manusia, jika lingkungannya cocok maka akan berkembang biak, tetapi kalau tidak cocok maka akan mati.

“Kalau lingkungannya cocok di perut kita dia akan berkembang biak misalnya. Tapi kalau nggak sesuai, ya tentu dia mati juga,” tutup Menkes. (Aiy/Fajar)