Mi Mix 2S, Jagoan Baru Xiaomi dengan Spesifikasi Gahar

8 views

FAJAR.CO.ID — Sekian lama misteri, Xiaomi Mi Mix 2S akhirnya resmi meluncur di negara asalnya, Tiongkok.

Meski tidak dibekali dengan desain layar ‘meniru’ iPhone X seperti yang dilakukan vendor smartphone Tiongkok kebanyakan, Xiaomi Mi Mix 2S mengusung spesifikasi gahar.

Xiaomi Mi Mix 2S memang tidak memiliki desain layar berponi, namun untuk bagian belakangnya, kesan mirip iPhone X masih terasa kental berkat penyematan dual kamera yang disusun secara vertikal dan dibatasi LED-Flash di tengahnya.

CEO and Co-Founder Xiaomi, Lei Jun, mengatakan bahwa seri Mi Mix secara konsisten terus melampaui batas/unggul, menentang ekspektasi semua orang tentang desain dan kinerja smartphone, serta menunjukkan komitmen Xiaomi untuk menjadi yang terdepan dalam inovasi.

“Mi Mix 2S kini hadir dengan kamera ganda yang andal dan fitur AI terintegrasi untuk mendukung kegiatan sehari-hari dengan cara yang sangat unik,” jelas Lei Jun dalam keterangan resmi yang diterima JawaPos.com, Rabu (28/3/2018).

Xiaomi Mi Mix 2S hadir menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 845 yang diproduksi menggunakan proses 10nm generasi terbaru. Dengan clock speed maximum 2,8 GHz, Kryo 385 core terbaru yang diklaim akan memberikan peningkatan kinerja 30 persen lebih baik dari generasi sebelumnya.

Qualcomm Snapdragon 845 juga dilengkapi dengan Adreno 630 yang memberikan kinerja hingga 30 persen lebih tinggi dan konsumsi daya 30 persen lebih rendah. Selain itu, Qualcomm Snapdragon 845 juga dilengkapi on-device AI processing yang akan meningkatkan kinerja AI 3 kali lipat lebih baik dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Xiaomi Mi Mix 2S tersedia dalam varian penyimpanan RAM 6GB + ROM 64GB, RAM 6GB + ROM 128GB serta varian tertinggi dengan RAM 8GB + ROM 256GB. Dengan RAM hingga 8GB dan memori 256GB, Mi Mix 2S mencapai skor 277,178 dalam pengukuran Antutu. Dalam hal konektivitas, Mi Mix 2S (8GB + 256GB) mendukung 43 global bands, sehingga pengguna dapat menggunakannya di seluruh dunia.

Xiaomi Mi Mix 2S hadir dengan bentang layar seluas 6 inci. Meski hadir tanpa poni, smartphone Xiaomi ini tetap mengusung desain layar kekinian dengan bingkai tipis atau istilah kerennya bezel-less. Seperti pendahulunya Xiaomi Mi Mix 2, Mi Mix 2S masih meletakkan kamera depannya di pojok kanan bawah. Yang membuatnya tampak beda secara fisik dari pendahulunya hanya terlihat pada desain punggung dan layar dengan fitmen screen-to-body yang lebih berani.

Urusan fotografi, Xiaomi Mi Mix 2S hadir dengan kamera utama ganda, yakni kamera 12 MP + 12 MP dengan konfigurasi bukaan f/1,8 Sony IMX363 dan piksel 1,4 mikron yang mampu menangkap lebih banyak cahaya untuk menghasilkan bidikan tajam. Kemudian kamera lainnya pada bukaan f/2,4 dengan sensor Samsung S5K3M3. Tidak lupa Xiaomi juga membenamkan fitur 4-axis optical image stabilization (OIS), PDAF, dual-tone LED flash, dan kemampuan video recording dengan resolusi 4K. Selain itu, sensor kamera sekundernya memiliki kemampuan zoom optik 2x.

Menyoal kebutuhan swafotonya, Xiaomi Mi Mix 2S hadir dengan kamera depan dengan resolusi 5 MP. Untuk mendukung sensor kamera depannya yang terbilang pas-pasan, Xiaomi mengakalinya dengan memberi teknologi artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan. Berkatnya, kamera depannya ini juga mampu menciptakan foto yang tak kalah menarik dibandingkan dual-camera belakangnya.

Sistem operasi Xiaomi Mi Mix 2S masih menggunakan MIUI 9 seperti seri Mi Mix 2 terdahulu, namun menjalankan sistem operasi Android Oreo. Dukungan lainnya adalah sensor pemindai sidik jari ditempatkan di bagian belakang perangkat. Masing-masing varian yang dihadirkan memiliki kapasitas baterai yang sama, yakni 3.400 mAh dengan Quick Charge 3.0 serta pengisian nirkabel.

Banderolnya, Xiaomi Mi Mix 2S varian 6GB + 64GB dijual seharga Rp 7,2 jutaan, sementara untuk 6GB + 128GB dijual seharga Rp 7,8 jutaan, dan untuk varian tertinggi 8GB + 256GB dijual dengan harga Rp 8,7 jutaan. Xiaomi Mi Mix 2S tersedia mulai 3 April di Tiongkok. Ya, baru di Tiongkok, belum jelas kapan Xiaomi akan memboyong ponsel ini ke tanah air. (ce1/ryn/JPC)