Moeldoko: Birokrasi harus Cepat, Tanggap dan Tidak Bertele-tele

22 views

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Kepala Staf Kepresidenan Indonesia, Moeldoko mengatakan, situasi di dunia saat ini berkembang dengan cepat. dan yang sangat mahal adalah waktu. Dalam setiap kesempatan, lanjut dia, Presiden selalu menekankan bahwa birokrasi kita harus menyesuaikan dengan situasi yang terjadi saat ini.

“Presiden Jokowi dalam setiap kesempatan menyampaikan bahwa situasi di dunia saat ini berkembang dengan cepat. Presiden selalu menekankan bahwa birokrasi kita harus menyesuaikan dengan situasi yang terjadi saat ini,” ujar dia pada acara Pemimpin Berbagi (Leader’s Talk) di Ruang Serbaguna Kementerian Sekretariat Negara, Jumat (13/7).

Moledoko melanjutkan, birokrasi harus cepat, tanggap dengan lingkungan, tidak bertele-tele dan jangan dipersulit. “Kalau kita masih tenang-tenang saja, bisa ketinggalan kita,” tambahnya.

Saat ini, kata dia, dibutuhkan inovasi sosial untuk menjawab semua hal tesebut. Moeldoko mengapresiasi beberapa kabupaetan kota yang telah melakukan Mal Pelayanan Terpadu. “Seperti di Banyuwangi, mengurus KTP itu membutuhkan waktu 1-2 Jam selesai. Tapi ada yang hebat lagi, di sini mengurus KTP hanya butuh waktu 5 menit,” ungkapnya. (cr-4/idp)