Narkoba Golongan I Dijual Bebas Sebagai Cemilan

6 views

FAJAR.CO.ID, TANJUNG SELOR – Satu jenis jajanan ringan yang beredar di masyarakat diduga berbahan dasar jamurpsilosibin masuk dalam narkoba golongan I. Jamur dengan nama beken, magic mushroom itu, diketahui memiliki zak aktif psilosina yang dapat menimbulkan halusinasi, mengubah suasana hati, menimbulkan euforia dan depresi bagi yang mengkonsumsinya.

Polda Kaltara pun meminta kepada masyarakat waspada terhadap narkoba jenis tersebut. Kapolda Kaltara Brigjend Pol Indrajit melalui Dirresnarkoba Polda Kaltara, Kombes Pol Adi Affandi mengatakan, jajanan ringan tersebut masih diselidiki keberadaannya di Bumi Benuanta. Pihaknya bahkan telah melakukan penyelidikan di sejumlah toko dan supermarket.

“Kami masih melakukan penyelidikan produk itu diperjualbelikan di Kaltara. Ini juga langsung perintah dari satuan atas untuk menindaklanjtui adanya produk baru ini,” jelasnya kepada Bulungan Post, kemarin (12/9)

Diakuinya, saat ini peredaran snacktersebut belum ditemukan di Kaltara. Namun, upaya pencegahan tetap dilakukan oleh pihaknya. Kata dia, Kaltara  menjadi sasaran para bandar narkoba dengan berbagai cara. Terlebih lagi, Kaltara yang secara geografis berada di daerah perbatasan, sangat berpotensi produk tersebut dipasarkan.

“Sangat berpotensi beredar. Contohnya saja, sabu-sabu saja banyak beredar, apalagi produk-produk semacam snack. Kaltara ini daerah perbatasan, para bandar narkoba pasti banyak tujuannya ke sini juga,” bebernya.

Polda Kaltara pun meminta kepada seluruh elemen masyarakat untuk memberikan informasi, apabila menemukan barang tersebut beredar di pasaran. Termasuk, apabila masyarakat ditawarkan melalui jasa pengiriman online untuk membeli barang tersebut.

“Produk ini kan sejenis cemilan, jadi tidak mudah untuk diketahui mengandung narkoba. Tapi ketika memang ada yang menemukan barang ini beredar di pasar, langsung laporkan kepada pihak kami,” pintanya. (*/fai/rio)