NH Jelas Beda Kelas dari Kandidat Cagub Lain

5 views

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Mantan Ketua KPU Sulsel, Jayadi Nas, menyimpan catatan tersendiri terkait debat pertama empat paslon Pilgub Sulsel yang digelar di Hotel Clarion Makassar, beberapa waktu lalu. Kata dia, banyak pesan politik yang bisa dipetik masyarakat luas terkait debat tersebut.

Pertama, lanjut Jayadi, masyarakat sangat bisa memastikan mana calon gubernur yang memang punya konsep matang, mana yang asal-asalan. “Jelas sekali. Dari cara bertutur dan kesigapan menjawab pertanyaan saja sudah ketahuan,” ucap Jayadi, Minggu (1/4/2018).

Sosok itu, sebut Jayadi, ada pada cagub nomor urut satu, Nurdin Halid (NH). “Dibanding cagub lain NH yang paling mengagumkan,” imbuh Jayadi.

Namun demikian, menurutnya, retorika dan karakter kepemimpinan NH yang mengesankan di podium debat dibarengi program-program sang kandidat yang rasional dan memang dibutuhkan masyarakat. “Contoh saat cagub yang lain singgung soal ekonomi dan pendidikan, banyak yang bisa dikata ngawur. Sementara, saat NH memaparkan programnya memang logis dan itu dibutuhkan,” terang pengamat politik dari Universitas Hasanuddin (Unhas) ini.

Hal lain yang menjadi keunggulan NH, sambung Jayadi, ialah sosoknya yang solutif. “Lihat saja kalau ada rekaman videonya, jelas bahwa semua yang dipaparkan NH adalah solusi untuk Sulsel. Kalau yang lain kita masih harus menimbang-nimbang. Contohnya soal irigasi dan bibit pertanian yang dipaparkan calon lain,” tuntasnya. (*)