Nurdin Halid Harap Penjabat Gubernur Sulsel Bersikap Netral

1 views

FAJAR.CO.ID, ENREKANG — Calon Gubernur Sulsel, Nurdin Halid (NH), mengharapkan penjabat Gubernur Sulsel, Soni Sumarsono, mampu menjaga netralitas pada Pilgub Sulsel 2018. Kemendagri diketahui menunjuk Soni sebagai pejabat sementara pengganti Syahrul Yasin Limpo yang masa tugasnya berakhir pada 9 April mendatang.

“Saya mengapresiasi Pak Presiden dan Pak Mendagri atas penunjukan Pak Soni Sumarsono sebagai Plt Gubernur Sulsel. Insya Allah dengan kehadiran Pak Soni Sumarsono dapat menciptakan pilkada damai,” ucap NH, di sela safari politiknya di Kabupaten Enrekang, Jumat (6/4).

Optimisme NH juga bertolak dari pengalaman Soni sebagai penjabat Gubernur DKI Jakarta yang tensi politiknya sangat ‘panas’. Soni berhasil menghadirkan pilkada di ibukota negara dengan lancar dan aman. Itu berkat sikap Soni yang netral dan mampu menjaga netralitas aparatur sipil negara (ASN) di DKI Jakarta.

“Saat itu (Pilgub DKI Jakarta) pertarungan sangat keras tapi bisa dilalui dengan damai karena plt gubernurnya netral, menjaga seluruh aturan dan taat asas. Nah, saya mengharapkan Pak Soni Sumarsono memberlakukan hal yang sama di Sulsel,” harap pasangan Aziz Qahhar Mudzakkar itu.

Pengamatan NH, situasi Pilkada di Jakarta dan Sulsel relatif hampir sama. Sebab masyarakat di kedua daerah sama-sama dikenal punya watak keras namun hati lembut. NH pun menjamin pihaknya akan selalu menjunjung tinggi keamanan dan kedamaian dalam menjalani setiap tahapan pilkada.

“Insya Allah kita akan damai dalam pilkada, damai dalam kehidupan. Dengan catatan, semua birokrat, aparatur sipil negara netral. Sehingga pilkada bisa berjalan demokratis, nyaman, dan damai,” ucapnya.

Soni Sumarsono akan menjabat Gubernur Sulsel sampai gubernur terpilih periode 2018-2023 dilantik ada akhir tahun ini. Adapun pemungutan suara Pilgub digelar 27 Juni mendatang. (*)