Palestina Kirim Bantuan untuk Korban Gempa dan Tsunami di Sulteng

6 views
Opini Bangsa – Kepedulian atas bencana yang terjadi di Palu dan beberapa wilayah di Sulawesi Tengah ditunjukan oleh Palestina. Negara tersebut mengirimkan bantuan untuk korban bencana itu.
Duta Besar Palestina, Zuhair Al-Shun menyampaikan bantuan yang diberikan Palestina adalah sebuah bentuk kerja sama dan telah merupakan kewajiban untuk sebuah negara membantu satu sama lain.
“Bantuan yang kali ini diberikan, kami tidak menyebutkan sebagai sebuah bantuan dari Palestina,” kata Zuhair Al-Shun pada konferensi pers di kantor Kedubes Palestina Jalan Ki Mangunsarkoro, Jakarta Pusat, Kamis (11/10).
“Namun ini adalah sebuah kerja sama ataupun kewajiban dari kami sebagai warga Palestina dalam bentuk sebuah persaudaraan antar dua negara,” tambahnya lagi.
Menambahkan Al-Shun, Direktur Jenderal Palestinian International Cooperation Agency (PICA) Imad Alzuhairi mengatakan, bantuan yang diberikan oleh pemerintah Palestina berupa barang-barang tanggap bencana seperti tenda, generator, air minum, makanan dan juga perlengkapan bayi. Namun, Imad menolak untuk mengungkapkan detail atau seberapa besar total donasi yang disalurkan.
“Saya pikir tidak bijaksana untuk memberi tahu apa yang kami berikan kepada saudara kami di indonesia, pertanyaannya bukan kuantitas, tetapi lebih kepada tujuan utamanya” jelas Imad.
Menurut pejabat fungsional Kementerian Luar Negeri yang memantau barang bantuan tersebut, bantuan yang dikirimkan oleh pemerintah Palestina berupa 50 generator listrik, 200 tenda, 500 karung beras, 50 boks biscuit, dan 2000 dus air mineral. Nurul mengatakan, nantinya barang-barang ini akan dikirim ke BNPB sebagai pihak penyalur bantuan.
“Harusnya dikirim ke BNPB dulu karena kami dari Kemlu hanya memantau tapi kami tidak bisa menyalurkan,” jelas Aulia. [opini-bangsa.com / kumparan]