Pasien BPJS Belum Bisa Nikmati CT Scan di RSUD Parepare, Karena Ini

9 views

FAJAR.CO.ID, PAREPARE — Hingga saat ini, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Andi Makkasau belum dapat melayani pemeriksaan CT Scan atau Computerized Tomography Scanner. Alasannya, pihak rumah sakit belum mengantongi sertifikat dan izin dari Badan PengawasTenaga Nuklir (Bapeten) untuk penggunaan alat.

BPJS sendiri belum bisa menerima klaim pemeriksaan CT Scan, jika RSUD Andi Makkasau tidak mengantongi sertifikat dan izin dari Bapeten. Nanti setelah terbit izin dari Bapeten, maka pasien peserta Badan Layanan Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan akan dilayani untuk pemeriksaan.

Plt Direktur RSUD Andi Makkasau Parepare Renny Anggraeny Sari, Senin (26/3/2018) mengatakan, jika pengajuan terkait izin Bapeten untuk layanan CT Scan telah dilayangkan sejak Agustus tahun 2017.

“Pengajuan RSUD Andi Makkasau baru diproses Desember lalu, tim pemeriksa dari Bapeten pun sudah turun mengecek alat CT Scan yang dimiliki rumah sakit,” katanya.

Renny mengatakan, pada dasarnya, CT Scanpada RSUD Andi Makkasau telah mengantongi sertifikat dari pihak berkompeten.

Hanya saja, sertifikat tersebut atas nama perusahaan penyedia jasa yang mengadakan alat teknologi pemeriksaan yang menggabungkan serangkaian pemindaian X-Ray itu.

“Sementara persyaratan yang diajukan pihak BPJS terkait klaim layanan tersebut, harus berupa sertifikat dan izin atas nama RSUD Andi Makkasau,” terang Reny.

Ia menambahkan, jika sertifikat dari Bapeten telah terbit, maka pihaknya langsung membuka layanan pasien BPJS.

Hingga saat ini CT Scan RSUD Andi Makkasau baru melayani pasien umum. (anastasya/raksul/fajar)