PB-AMI Dampingi Gubernur Sulteng Panen Udang Vaname

6 views

FAJAR.CO.ID, PALU – Pemerintah Sulawesi Selatan (Sulteng) berhasil membudidayakan Udang Varane di Balai Benih Ikan Payau (BBIP) Kampal Instalasi Mamboro, Kota Palu. Budidaya Udang Varane ini merupakan program Pemerintah Sulteng.

Budidaya Udang Varane dengan teknologi supra intensif skala rakyat uni baru pertamakali di Indonesia. Gubernur Sulteng Longki Djanggola menuturkan, program ini sebagai satu kangkah Pemerintah dalam menopang ekonomi masyarakat Sulteng.

“Masyarakat yang berminat memanfaatkan peluang usaha ini bisa meraup keuntungan Rp 22 juta lebih setiap kali panen. Nominal keuntungan tersebut dari estimasi panen 600 kg dalam waktu tiga bulan dengan harga rata-rata Rp 70.000/kg, dikurangi biaya operasional sekitar Rp 19 juta. Tentulah perhitungan itu diluar pembangunan sarana budidaya yang mencapai Rp 30 juta,” kata Djanggola lewat rilisnya.

Penen raya Udang Varane berlangsung pada, Selasa (15/5) kemarin. Dalam panen itu, orang nomor satu di Provinsi Sulteng itu didampingi oleh Pengurus Besar Anak Muda Indinesia (PB-AMI) yang diwakili oleh Ketua Harian Tomi Erizal dan beberapa SKPD Sulteng.

Gubernur Sulteng Yongky Djanggola dan Ketua Harian OB-AMI Tomi Eriza Lakukan Panen Udang Varane di Kota Palu

Panen Udang Varane ini juga menjadi salah satu bukti keberhasilan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sulteng Hasanuddin Atjo. Pasalnya, program permberdayaan Udang Varane ini menggunakan teknologi budidaya supra intensuve. Lanjut Gubernur, program budidaya Udang Varane ini akan dilakukan dibeberapa Kabupaten di Sulteng.

“Bisa dikembangkan juga di Kabupaten Buol dan Kabupaten lainnya dengan membuat pioneer-pioner. Masyarakat tidak mau melaksanakan kalau tidak melihat bukti terlebih dahulu,” ujarnya.

Dalam kesemoatan itu, Gubernur Sulteng juga memberikan motifasi kepada pengurus AMI untuk tetap semangat dalam berkarya, demi kemajuan bangsa Indinesia. “Sukses selalu buat AMI dan teruslah berkarya ya Anak Muda Indonesia” ucapnya.

Diketahui, sebelumnya tanggal 11-14 Mei 2018 PB-AMI melaksanakan Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) ke-1 di kota Palu, Sulteng yang dihadiri oleh 24 perwakilan provinsi atau Pengurus Wilayah di Indonesia. (Aiy/Fajar)