Pekan Kedua, Begini Hunian Nyaman Terpadu di Palu

5 views

FAJAR.CO.ID, PALU – Sudah memasuki pekan kedua, proses pembangunan Hunian Nyaman Terpadu atau Integrated Community Shelter (ICS), untuk penyintas gempa dan likuifaksi di Duyu berlangsung, telah dalam proses akhir.

Satu lokal hunian dengan total 16 pintu, tuntas diselesaikan. Koordinator Pembangunan Hunian Nyaman Terpadu ACT, Dede Abdulrahman, menjelaskan satu pekan berjalan, hunian di Duyu sudah telah selesai 55 persen.

“Rinciannya sudah jadi satu lokal hunian dengan 16 pintu, sudah dicat, terpasang jendela, dinding, lantai, dan atap lengkap. Satu lokal hunian lagi sudah terpasang dinding, lantai dan atap, sudah dicat pula, tinggal finishing sedikit. Tiga lokal hunian lagi tinggal memasang atap, dan satu hunian lagi masih berupa pondasi dan persiapan pemasangan kuda-kuda untuk atap dan dinding,” jelas Dede, Selasa (6/11/18).

Dimana setiap hunian tersebut, memilik ruang yang cukup luas dengan kesediaan sebanyak 96 unit untuk masing-masing keluarga. Selain itu, ada juga fasilitas umum yang dapat membuat para penghuni lebih nyaman.

“Setiap hunian ini sudah ada konsepnya. Hunian lokal punya 16 pintu dengan ukuran 9,5 meter x 24 meter, Artinya kalau ada enam lokal di Duyu, total ada 96 unit untuk masing-masing keluarga. Setelah itu kami juga bangun masjid, klinik, gudang, ruang sekretariat, juga arena bermain anak-anak,” jelas Dede.

Dalam pembangunan Hunian Nyaman Terpadu atau Integrated Community Shelter (ICS), setidaknya melibatkan 43 pekerja kontruksi dan 33 relawan asal Kelurahan Duyu.

“Total ada 43 orang pekerja konstruksi dari Jawa Barat, dan 33 orang relawan asal Kelurahan Duyu. Alhamdulillah relawan di sini selalu dijaga pola makannya. Agar kesehatan dan energinya juga cepat pulih. Semua demi hunian yang lebih layak untuk para pengungsi ini cepat selesai,” ucap Dede. (ade/fajar)