Pemerintah Gandeng Swasta pada Proyek Kereta Api Sulsel

4 views

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Pemerintah memastikan akan melibatkan pihak swasta dalam pengembangan proyek kereta api. Proses tender akan dilakukan pada Oktober mendatang.

Proses lelang proyek kereta api tidak akan mempengaruhi jalur Barru-Pallanro. Rute sepanjang 44 kilometer tersebut rencana akan dioperasikan secara resmi juga pada Oktober mendatang.

Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, Zulfikri, mengatakan, rute yang akan diresmikan tersebut telah ditanggung dengan menggunakan dana APBN.

“Total sepanjang 142 kilometer dan 44 kilometer di antaranya telah menggunakan APBN. Jadi sisanya kita melakukan penjajakan kerjasama dengan pihak swasta,” ujarnya.

Menurut Zulfikri, keterlibatan swasta pada proyek ini meliputi prasarana dan juga operator. Prasarana yang akan ditender itu mulai dari stasiun, jalur kereta hingga fasilitas operasi kereta api. “Kita lelang pada Okotber nanti. Termasuk untuk prasarana. Jadi nanti akan ada operator khusus prasarana,” ucapnya.

Zulfikri menjelaskan bahwa sudah banyak pihak swasta yang siap mengikuti proses lelang. Itu setelah pihaknya melakukan market sounding pada Senin, 19 Maret kemarin. “Banyak yang tertarik. Apalagi kita menggunakan skema availability payment (AP). Dan ini tentu akan menarik investor,” katanya.

Sementara itu, Humas Direktur Jenderal Perkeretaapian, Joice Hutajulu mengatakan proyek kereta api di Sulsel masih berjalan sesuai skema. “Untuk proyek lelang itu masuk bagian dari tahap lanjutan pembangunan untuk tahun berikutnya. Adapun target tahun ini, 44 kilometer,” pungkasnya. (rdi)