Pemprov Usulkan Jenderal M Yusuf Jadi Pahlawan Nasional

14 views

FAJAR.CO.ID, BONE — Jenderal TNI (Purn) M Jusuf, merupakan salah satu saksi kunci peristiwa Supersemar (Surat Perintah 11 Maret). Kini, almarhum diusul sebagai pahlawan nasional oleh Pemprov Sulsel.

Dengan sepak terjangnya dalam perjalanan sejarah bangsa Indonesia, sehingga tidak heran bila namanya disebut sangat pantas untuk disematkan gelar sebagai pahlawan nasional.

Dukungan tersebut disampaikan langsung Pjs Bupati Bone, Andi Bakti Haruni. Diakuinya, Jenderal TNI (Purn) M Jusuf, sangat layak menyandang gelar pahlawan nasional.

“Beliau yang menggagas manunggal ABRI Rakyat. Seorang negarawan dan pejuang sejati. Lebih mendahulukan kepentingan negara,” papar pria pencinta kopi, Rabu (28/3/2018).

Sekadar diketahui nama lengkap Jenderal M Jusuf, yakni Andi Muhammad Jusuf Amir. Lahir di Kajuara, Kabupaten Bone, 23 Juni 1928. Dan tutup usia di Makassar, 8 September 2004 pada umur 76 tahun.

Bukan itu saja, Jenderal M Jusuf merupakan putera seorang bangsawan yang bernama Arung Kajuara. Beristerikan Elly Saelan, yang merupakan adik kandung Emmy Saelan, pejuang asal Makassar dan Maulwi Saelan. Jusuf dan Elly Saelan dikaruniai seorang anak yang sudah meninggal dunia bernama Jaury Jusuf Putra. (smd)