Penampilan Tim NH-Aziz di Debat Kandidat Sarat Kearifan Lokal

13 views

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Salah satu segmen dalam debat publik Pilkada Sulsel menghadirkan penampilan seni dari masing-masing kandidat. Penampilan seni juga disiapkan secara matang oleh pasangan calon Gubernur-calon Wakil Gubernur Sulsel nomor urut satu, Nurdin Halid-Abdul Aziz Qahhar Mudzakkar (NH-Aziz).

Penampilan yang diusung oleh tim NH-Aziz sarat dengan nilai kearifan lokal. Delapan penampil melakukan tarian empat etnis dan menyanyikan medley lagu daerah Sulsel.

Entakan gendang dan instrumen musik tradisional bertalu menghasilkan irama estetis. Itu berpadu dengan lenggok tarian dan dendangan lagu.

NH juga menampilkan puisi berisikan niat tulusnya kembali ke kampung halamannya. Tekadnya bulat, membangun di kampung demi menata kota.

“Lebih baik ku tenggelam daripada surut ke belakang. Ketika layarku terkembang, kita harus berjuang untuk rakyat Sulawesi Selatan” tuturnya.

“Kami datang dan hadir untukmu warga Sulawesi Selatam. Sama-samaki membangun di kampung,” tutupnya mantap.

Penampilan dengan sarat nilai kearifan lokal tersebut juga mencerminkan niat NH-Aziz dalam menjaga pelestarian budaya. Hal itu pulalah yang dicanangkan dalam salah satu basis pembangunan NH-Aziz, yaitu pembangunan SDM berbasis kearifan lokal. (*)