Penipuan Umrah, Polda Sulsel Kini Garap Bos PT Global Inspira

12 views

FAJAR.CO.ID — Penyidik Polda Sulsel kembali mengungkap penipuan ribuan calon jemaah umrah di Makassar. Kali ini, pimpinan PT Global Inspira Indonesia ditangkap penyidik Polda Sulsel.

Penyidik Polda Sulsel menetapkan dua tersangka pada perusahaan biro perjalanan haji dan umrah tersebut. Dua tersangka adalah pasangan suami istri Muh Edwin Djabar dan Mahditiara Syafruddin alias Tiara.

Kedua tersangka telah menipu korban sebanyak 6.300 jemaah. Modus penipuan ini dilaporkan oleh jemaah pada 12 Oktober 2017 dan kemudian pada 17 November penyidik melakukan penyidikan di kantor milik kedua tersangka di Jalan Tupai Makassar.

Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Pol Dicky Sondani, mengatakan, penyidik Polda Sulsel melakukan penyidikan dan penangkapan setelah menerima aduan dari jemaah.

Adapun dugaan tindak pidana yang dikenakan terhadap kedua tersangka, melakukan penggelapan dan penipuan terhadap jemaah umrah. Sebagaimana yang dimaksud dalam pasal 378 Subs pasal 372 Jo pasal 55 ayat (1) KUHPidana.

“Penyidik menemukan tersangka telah melakukan perekrutan jemaah dengan biaya berkisar Rp 7 juta sampai dengan Rp 20 juta di kantor PT Global Inspirasi Indonesia, namun tidak diberangkatkan umroh,” kata Dicky, Selasa (10/8/19). (Jay/upeks/fajar)