Pertamina Harus Jelaskan Alasan Naikkan Harga Pertalite

11 views

FAJAR.CO.ID — Keputusan PT. Pertamina menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertalite bukanlah hal baru. Namun, bagi Partai Gerindra, hal ini belum klir.

Sekjen DPP Gerindra, Ahmad Muzani, menjelaskan, Pertamina sebelumnya sudah beberapa kali membahas kenaikan itu. “Ya ini (kenaikan harga) kan problem 1-2 bulan lalu,” ujar Sekjen DPP Gerindra, Ahmad Muzani di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (26/3/2018).

Menurutnya, Pertamina bertanggungjawab menjelaskan seberapa besar pengaruh harga dunia pada BBM. Apalagi, selama ini Indonesia menghasilkan cukup banyak minyak.

“Tetapi yang diperlukan oleh masyarakat bukan itu (kabar harga naik), tapi penjelasan dari pertamina bahwa ini naik atas sebab apa,” tandasnya.

PT Pertamina (Persero) baru saja menaikkan harga Pertalite sebesar Rp 200 per liter dan berlaku di seluruh Indonesia.

Kenaikan ini menjadi yang kedua sejak awal tahun ini. Terakhir kali, harga jual Pertalite naik pada 20 Januari lalu. Saat itu, Pertalite naik Rp 100 per liter.

Pertamina berasalan kenaikan tersebut disebabkan harga minyak dunia terus merangkak naik. Kondisi ini diperparah dengan pelemahan kurs rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS). (sam)