Pesan di Jalur Puncak: Dilarang Ngebut, Penggali Kubur Sudah Mudik

3 views
Opini Bangsa – Satuan Lalu lintas (Satlantas) Polres Bogor punya cara unik untuk mengimbau pengendara atau pemudik tertib berlalu lintas. Mereka membuat poster atau baliho berisi pesan-pesan untuk pengendara.
Poster-poster berukuran rata-rata sekitar 175 cm x 150 cm itu dipasang di Jalur Puncak. Foto-foto poster itu sempat diposting akun Instagram TMC Polres Bogor, namun belakangan dihapus setelah muncul di akun @jktinfo.
A post shared by JAKARTA INFO (@jktinfo) on Jun 12, 2018 at 8:29pm PDT
“Ini adalah salah satu peringatan di mana untuk mengurangi angka kecelakaan pada saat masyarakat melakukan perjalanan mudik ke kampung halamannya merayakan Lebaran 1439 Hijriah,” kata Kasatlantas Polres Bogor, AKP Hasby Ristama, Rabu (13/6) dikutip dari Antara.
Menurut dia, poster itu dipasang pada daerah rawan kecelakaan antaranya jalur Bopuncur (Bogor-Puncak-Cianjur) dan Bocimi (Bogor-Ciawi – Sukabumi).
Dan khususnya Jalan Raya Puncak Cipayung Kecamatan Megamendung dan Jalan Raya Bogor-Sukabumi tepatnya di Simpang Cigombong Kecamatan Cigombong.
Selain itu pada pemasangan tersebut bertujuan untuk mengurangi tingkat kecelakaan lalu lintas kendaraan bermotor di wilayah hukum Polres Bogor.
“Itu didesain dengan kata-kata sedemikian rupa sehingga masyarakat yang melihatnya dapat memahami makna yang tercantum dalam spanduk tersebut untuk kemudian lebih berhati-hati,” katanya.
Ia menambahkan, petugas kepolisian akan terus melakukan pemantauan arus lalulintas yang melewati Simpang Gadok dan Ciawi. Dia berharap mematuhi imbauan itu dengan harapan angka kecelakaan lalu lintas pun dapat ditekan.
Sementara itu, lalu lintas di Puncak Bogor siang ini terpantau padat di kedua arah dengan titik kemacetan berada di Pasar Cisarua. Jalur menuju puncak tampak padat mulai dari sekitar Megamendung, sementara yang hendak turun padat sejak sekitar kebun teh Cisarua. [opini-bangsa.com / kumparan]