Pilkada Serentak 2018, Kapolri: Sebagian Kontestan Tidak Siap Kalah

19 views

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Perhelatan pesta demokrasi Pilkada Serentak 2018 semakin dekat. Untuk menjaga keamanan Polri dan TNI tegas menyatakan sikap netral selama proses demokrasi lima tahunan itu.

Hal itu diungkapkan Kapolri Jenderal Tito Karnavian di Mabes Polri, Selasa (27/3). Ia meminta kepada seluruh jajarannya untuk tetap bersikap netral dalam menjaga terselenggaranya pelaksaan Pilkada Serentak 2018.

“Keamanan paling utama Polri TNI satu sikap netral,  engga punya hak pilih,” kata mantan Kapolda Metro Jaya ini.

Dia menjelaskan dalam menjaga keamanan dan kelancaran pesta demokrasi yang sudah di depan mata, aparat keamanan harus profesional antisipasi dan meredam situasi yang bisa menimbulkan konflik.

“Saya janjian dengan Panglima TNI untuk muter daerah konflik dan paslon latar belakang pasangan Polri. Netral, TNI polri harus solid. Itu 80 persen situasi negara aman,” jelasnya.

Menurutnya, Pilkada merupakan proses demokrasi, namun apapun itu Pilkada namanya politik. Politik is how to get rhe power to influence others. Jadi bagaimana merebut kekuasaan dan dengan kekuasaan itu mempengaruhi orang banyak.

“Kalo udah bicara power, kekuasaan, maka akan terjadi power struggle. ada strategi, taktik, kalau ada idiom siap menang, siap kalah, mudah-mudahan betul dirasakan kontestan. Tapi, saya rasa sebagian besar kontestan tidak siap kalah,” tutupnya. (lan/fajar)