PIP Makassar Lantik 61 Perwira Pelayaran Niaga, Sugiyono: Pasti Mampu Bersaing

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Makassar menggelar pelantikan Perwira Pelayaran Niaga Lulusan Program Diklat Pelaut Tingkat II Angkatan XXXIV di Hotel Claro, Makassar, Rabu (7/11).

Sekitar 61 perwira pelayaran niaga dilantik pada gelaran tersebut. 37 dari jurusan nautika dan 24 dari jurusan teknika.

Direktur PIP Makassar, Capt. Sugiyono yang juga menjadi inspektur upacara pada pelantikan tersebut berharap, para lulusan tersebut bisa mengatur hubungan dengan sesama manusia pasca berada di lingkungan masyarakat, khususnya di lingkungan kerja nanti.

“Kalau ini berjalan beriringan, tentunya akan diterima di mana saja, di perusahaan mana saja dan pasti mampu bersaing dengan lulusan manapun dan di dunia manca negara akan mendapatkan tempat tertinggi. Saya yakin lulusan ini akan mampu menjadi suri tauladan,” ujarnya.

Sugiyono juga mengatakan bahwa belakangan ini beberapa pelaut Indonesia kesulitan mendapatkan pekerjaan. Hal tersebut tentu menjadi bahan evaluasi bagi PIP Makassar untuk secara terus menerus melakukan improvement, baik di bagian Sumber daya pengajar maupun sarana prasarana sehingga mampu menghasilkan lulusan yg memiliki daya saing tinggi di dunia kerja.

“Untuk mendapatkan kualitas lulusan yang baik tentu melalui proses yang benar yang mana perlu adanya dukungan 4 faktor yang saling keterkaitan satu sama lain yaitu adanya anggaran yang cukup, adanya peraturan dan perundang undangan, terpenuhinya SDM dan sarana prasarana berkualitas. Apabila ini semua tersedia pasti lulusan kita akan dipercaya oleh perusahaan manca negara,” jelas Sugiyono.  (muhajir/upeks)