Prediksi Thailand U-19 vs Indonesia U-19: Jangan Mengulang Kekalahan

32 views

FAJAR.CO.ID, SIDOARJO – Menang tak kondang, kalah menjadi pecundang. Itulah tajuk duel antara Timnas U-19 Indonesia dan Thailand yang akan memperebutkan posisi ketiga pada Piala AFF U-19 2018, Sabtu (14/7) sore WIB di Stadion Gelora Delta Sidoarjo.

Dibandingkan dengan dua tim yang lolos ke final, yakni Myanmar dan Malaysia, Indonesia dan Thailand adalah dua negara yang difavoritkan bertarung di partai puncak. Sayang, harapan itu pupus karena kedua tim gugur di semifinal.

Thailand dikalahkan Myanmar dengan skor 0-1. Sedangkan Indonesia tersingkir karena kalah adu penalti melawan Harimau Muda – julukan Malaysia. “Ini sudah kehendak-Nya, kami harus terhenti di semifinal,” sesal Indra Sjafri, pelatih Indonesia-19.

Thailand bukan lawan baru bagi Indonesia. Kedua tim sudah bertemu pada pertandingan pamungkas Grup A. Pada saat itu, setelah sempat tertinggal dua gol, Indonesia kalah dengan skor 1-2.

Jika bercermin pada tiga pertandingan terakhir, termasuk lawan Thailand, Indonesia baru menampilkan permainan terbaiknya pada babak kedua. Mereka seolah terlambat panas dan memainkan sepak bola yang kurang bersemangat di paruh pertama.

“Ada beberapa faktor yang berpengaruh di sebuah pertandingan. Ada menit-menit di mana kami unggul. Contoh, pada babak kedua mungkin kami unggul di kondisi fisik. Sehingga kami bisa lebih eksis dibandingkan babak pertama,” jelasnya.

Pada umumnya Indra menilai tidak ada perbedaan yang mencolok atas permainan timnya sepanjang turnamen ini berlangsung. “Hampir di setiap pertandingan kami konsisten dari menit pertama sampai akhir,” tegasnya.

Indonesia memungkinkan melakukan rotasi pemain. Namun, dia harus menunggu laporan terakhir dari tim dokter tentang kondisi para pemain. Pasalnya Garuda Nusantara cukup kelelahan karena mereka harus bermain selama enam kali dalam waktu 12 hari.

Senada dengan Indra Sjafri, asisten pelatih Thailand, Jetnipat Ratchatatoemphon menyebut bahwa para pemainnya cukup kelelahan karena mengarungi turnamen dengan jeda antarpertandingan yang cukup pendek.

Menurut Ratchatatoemphon, tim pelatih harus menunggu kondisi terakhir dari para pemain sebelum menentukan sebelas nama yang turun lawan Indonesia, Sabtu sore. Menurutnya, pertandingan ini tak akan mudah.

Sama seperti pertemuan pertama pada babak grup, Thailand tidak hanya berhadapan dengan kualitas pemain Indonesia saja. Mereka juga akan melawan tekanan dari para pendukung Indonesia.

Meski demikian, Ratchatatoemphon sangat yakin bisa mengalahkan Indonesia untuk kali kedua pada Piala AFF U-19 2018. “Kami akan berusaha yang terbaik untuk pertandingan besok demi mendapatkan tempat ketiga di turnamen ini,” tegasnya.

 

Rekor Pertemuan:

16/09/2013 Indonesia U-19 vs Thailand U-19: 3-1

05/09/2014 Indonesia U-19 vs Thailand U-19: 2-6

14/09/2016 Indonesia U-19 vs Thailand U-19: 2-3

08/10/2017 Indonesia U-19 vs Thailand U-19: 3-0

09/07/2019 Indonesia U-19 vs Thailand U-19: 1-2

 

Perkiraan Susunan Pemain:

Thailand U-19: 1-Nopphon Lakhonphon, 2-Nakin Wisetchat, 6-Kittitach Praniti, 15-Sampen Kesi, 20-Anusak Jaiphet, 7-Nattawut Chootiwat, 17-Kritsana Daokrajai, 19-Thirapak Prueangna, 9-Matee Sarakum, 10-Suphanat Mueanta, 8-Sittichok Paso

Pelatih: Itshara Sritharo

 

Indonesia U-19: 1-M. Riyandi, 2-Kadek Raditya Maheswara, 5-Nurhidayat Haji Haris, 20-Asnawi Mangkualam, 11-Firza Andika, 17-Syahrian Abimanyu, 6-Rafi Syarahil, 9-Rafli Mursalim, 15-Saddil Ramdani, 8-Witan Sulaeman, 10-Egy Maulana Vikri

Pelatih: Indra Sjafri

(saf/JPC)